Bisnis Pembibitan Kembang Kol, Potensi Usaha yang Menjanjikan

PORTALJABAR.NET- Diawali dengan tekad dan kemauan untuk memajukan dan memperdayakan warga sekitar, Abah Mirta (40) Warga Kp. Bubulak Dusun Selang III RT.20 Rw.05, Desa Ciwaringin, Kecamatan Lemah Abang, terus berupaya dalam pengipukan (pembibitan) Kembang Kol hingga penanaman sampai panen tiba.

Dalam pengerjaan pengipukan (pembibitan) dikerjakan oleh warga setempat dengan upah yang cukup lumayan untuk kebutuhan sehari-harinya. Sehingga dapat membantu perekonomian keluarganya.

Pengusaha Kembang Kol Abah Mirta saat ditemui mengatakan, sudah hampir 4 tahun dalam mengeluti usaha ini, biasanya menanam timun dan kacang. Karena dalam pengipukan (pembibitan) kembang kol ini lebih irit biayanya,kata Abah Mirta.

"Untuk saat ini harga dipasaran kembali stabil, tapi panen kemarin kerugian besar akibat musim hujan harga anjlok banyak yang busuk," katanya.

Abah Mirta mengatakan, dari tanam hingga panen selama 45 hari, kembang kol dikirim ke Pasar Induk Kramatjati, Bogor, Tangerang, dan Cibitung jika panen melimpah. "Dengan usaha ini diharapkan semuanya sukses supaya maju semua dan sejahtera," pungkas Abah Mirta. (Yop)

 

 

Related Articles