Life Style

Unik di Kedai Kopi Ini Tawarkan Konsep Ngopi Sambil Berilmu

portaljabar.net - Mar 11 2018 at 21:04:23   478 Viewer

CIREBON - Cara unik ngopi sambil cari ilmu, ini cara yang dilakukan untuk meningkatkan geliat literasi di kalangan anak muda.

Salah satunya di kedai kopi, Saung Perjuangan yang berlokasi di komplek pendidikan jalan Perjuangan Kota Cirebon. Di saung kopi ini, pemiliknya menawarkan membaca buku gratis bagi semua pengunjung tak hanya itu, belajar fotografi pun juga ada disini.

Buku-buku yang ditawarkan pun beragam. Dari novel, pemikiran, sastra, sejarah, hingga filsafat. Semua tersedia di Saung Perjuangan.

Pemilik kedai Kopi Saung Perjuangan, Okim Abdurrokhim (30) mengungkapkan alasannya menawarkan konsep kedai bernuansa literasi.

Dia mengaku, konsep itu sebagai upaya pengembangan minat baca di kalangan mahasiswa. "Karena lokasi berada di komplek pendidikan Kota Cirebon dan dekat dengan lingkungan kampus IAIN Cirebon, maka kebutuhan pengunjung adalah nongkrong sambil diskusi," ujarnya kepada Portaljabar.net, Minggu (11/3/2018).

Di samping itu, Kim sapaan akrabnya menjelaskan, sejak berdirinya Saung Perjuangan 2016 lalu, memang semangat awalnya adalah mendukung geliat literasi dan diskusi. Bahkan, ia memberikan fasilitas tempat gratis bagi mahasiswa atau komunitas yang ingin menggelar diskusi di saungnya dengan kapasitas tempat maksimal 50 orang.

Akan tetapi dia memberikan catatan bahwa diskusi yang diselenggarakan terbebas dari nuansa politik. Kim menambahkan, agar pengunjung betah di kedai kopinya, ia menawarkan fasilitas sambungan internet gratis (Wifi).

"Diskusi apa saja boleh, tapi kalau isi diskusinya punya tendensi kepentingan partai politik tidak boleh," ungkapnya.

Jenis kopi yang ditawarkan adalah kopi dari berbagai daerah di Nusantara. Seperti, Kopi Lasem, Lampung, Gayo, Mandeling, Kerinci, Sidikalang, Bali Kintamani, Ciremai, Cibereum, dan berbagai daerah lainnya. "Teknik pembuatannya manual, tapi nggak ninggalin kesan tradisional dan tentu kalo soal rasa jangan di tanya" ujar Kim. (Jhn)

Related article