KPUD Karawang Ngaku Nyaman Punya Sekretaris Status Plt

KARAWANG- Sudah 10 bulan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) hanya memiliki Sekretaris berstatus Plt. Hal ini diamini oleh Komisioner KPUD Divisi Sosialisasi dan SDM, Adam Bachtiar yang menyebut kehadiran Sekretaris berstatus Plt. tidak ada dampak yang berarti. "Gak ada dampak, Plt Sekretaris punya kewenangan mencairkan anggaran di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara," ucap Adam Bachtiar, kepada portaljabar.net, Selasa, (13/03/2018).

Disebutkan pada awal-awal pergantian Sekretaris yang di Plt kan terjadi hambatan terkait masalah anggaran. "Awalnya dua bulan anggaran KPUD ga bisa dicairkan, sebelum masa Pemiliham Gubernur," ucapnya.

Walaupun sekarang tidak ada kendala terkait penganggaran masih ada kewenangan Sekretaris definitif yang tidak bisa dilakukan Plt. "Plt Sekretaris ini kewenangannya tidak penuh seperti yang definitif. Plt Sekretaris tidak bisa mengangkat pejabat eselon IV," ucapnya.

Ketika Saudara Nandang mantan Sekretaris diberhentikan KPU Pusat karena tersandung masalah hukum, pihak KPUD sudah melakukan upaya untuk dilakukan penggantian dan pengangkatan Sekretaris definitif. "Kita saat itu meminta pegawai Pemda yang akan mengisi pos yang kosong tersebut, namun pemda memberi satu pegawai, kita ga mau, akhirnya kita diberi 3 pegawai untuk dipilih. Ketiga pegawai pemda ini sudah kita lakukan feet and proper test. Dan yang terbaik sudah kita rekom ke KPU pusat," ucapnya.

Dikarenakan pengangkatan Sekretaris KPUD ini tidak serta merta bisa diangkat, menunggu Surat Keputusan KPU Pusat, hal ini yang mengakibatkan 10 bulan KPUD hanya dijabat Plt Sekretaris. "Kita juga masih nunggu SK dari KPU Pusat, kalau KPUD daerah lain sudah turun, di kita belum," bebernya.

Adam juga meenjelaskan pengangkatan Geri sebagai Plt Sekretaris dilakukan atas kewenangan dari KPUD. "Iya diangkat oleh kami,"pungkasnya. (Uya)

 

BACA JUGA :

PANWASLU BANTAH SENTILAN KETUA DEWAN, KPU PILIH NO COMENT!

 


 

 

Related Articles