Kisah Sukses Pemuda Lemahabang, Bisnis Penghasil Arang Sejak 2014

Pemuda saat membuat arang

Yopi
2018-03-27 16:52:10
489

KARAWANG- Dengan kemauan dan ide yang positif, para pemuda di Dusun Lampean 2 RT.04 RW.08, Desa Kedawung, Kecamatan Lemah Abang, Karawang, terus gali potensi dengan menjadi pengrajin arang. Dengan menggelutinya secara serius, hasilnya bisa untuk memcukupi kebutuhan sehari-hari.

Dengan pekerja warga sekitar, tentunya sangat disambut baik oleh seluruh warga. Sehingga dapat menurunkan angka pengangguran di desanya.

Pengrajin arang Santika saat ditemui mengatakan, didunia arang sudah empat tahun dari 2014, motivasi berbisnis arang yang pertama kita buka bisnisnya dulu, buka workshop, buka tokonya, buka kiosnyabaru berpikir market.

"Enaknya di arang di market ada downpayment ke kita atau tanda jadi pembayaran dimuka jadi artinya kita tidak kesulitan untuk cari market," katanya pada Portaljabar.Net, Selasa (27/3/2018).

Santika mengatakan, bahan baku dari limbah kiriman dari tukang potong pohon kelililing dan dimanfaatkan limbahnya untuki produksi arang. Untuk market dilokal sasarannya restoran-restoran, peleburan logam, home industri yang memproduksi briket dan sudah 4 tahun ini ekspor juga ke bebrapa negara di Timur Tengah.

Dia juga mengharapkan untuk dinas terkait atau pada pemerintah daerah untuk ada perhatian khusus kepada pengrajin-pengrajin arang ini supaya bagaimana caranya mendapatkan penyuluhan dari teknologinya lebih efisiensi. "Cara produksinya biar menghemat ongkos produksinya serta banyaknya produsen arang supayalebih maksimal untuk diberdayakannya," pungkasnya. (Yop)

 

BACA JUGA :

BISNIS PEMBIBITAN KEMBANG KOL, POTENSI USAHA YANG MENJANJIKAN