Pelaku Usaha Harus Sadar Akan Pentingnya Hak Kekayaan Intelektual

Dhika
2018-03-27 17:14:25
467

BANDUNG - Kementrian Hukum dan HAM melalui Kakanwil Jawa Barat himbau para pengusaha khusunya Industri kreatif agar semakin sadar akan pentingnya HKI (Hak Kekayaan Intelektual).

Hal tersebut di sampaikan Seprizal selaku kepala divisi Pelayanan Hukum dan HAM di kantor wilayah Jawa Barat.Menurutnya, saat ini kesadaran para pengusaha akan Hak Kekayaan Intelektual masih sangat minim.

"Hanya sedikit para pengusaha,khususnya UKM yang sadar akan pentingnya HKI,padahal HKI merupakan salah satu cara untuk dapat melindungi segala bentuk kepemilikan baik hak individu maupun hak Industri," jelas Seprizal, Selasa (27/3)

Dirinya juga menceritakan bahwa tidak sedikit para pengusaha yang enggan menggunakan merk pribadinya dalam produk-produk berkualitas yang mereka hasilkan,padahal jika di lihat produk UKM di Jawa Barat ini sangat banyak yang memiliki kualitas sangat baik.

"Banyak sekali pengusaha yang lebih memilih menggunakan merk lain dalam produk yang mereka ciptakan,padahal saat ditanya mereka sudah memiliki merk sendir. Namun karena alasan lambatnya perputaran penjualan yang berimbas terhadap modal mereka akhirnya mereka memilih lebih menggunaan merk lain yang sudah terkenal,seperti tas yang di beri merk Guci.

"Padahal tas tersebut buatan asli indonesia dengan kwalitas terbaik," paparnya.

HKI kata Dia, adalah salah satu cara untuk menunjang kemajuan bisnis masyarat. Pasalnya dengan didaftarkannya hak kekayaan intelektual,kita dapat menghasilkan royalty dari setiap produk (brand) kita yang di gunakan oleh orang lain.

" Contoh,starbucks,KFC,dan masih banyak lainnya,yang banyak tersebar di indonesia itu semua mengalir royaltynya kepadaa pemilik merk ( brand ) tersebut" pungkasnya.(Dka)