Aneh! Pelaku Maling Udang di Tambak Tidak Ditahan Petugas Polsek Cibuaya

KARAWANG - Satu pelaku pencurian tambak yang tertangkap basah warga Dusun Karangsari RT 01/02, Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya belum dinyatakan tersangka oleh pihak polsek Cibuaya.

Pihak Kepolisian beralasan, saat ini masih dalam tahapan pemeriksaan saksi saksi oleh pihak penyidik, meski pelaku pencurian itu sendiri sampai saat ini belum dilakukan pemeriksaan.

Menurut keterangan beberapa warga, kejadian pencurian itu sekitar pukul 01.00 WIB dini hari, Senin (16/4/2018. Pelaku pencurian udang bago tersebut sempat duel (adu jotos) dengan penjaga tambak sebelum akhirnya ditangkap warga dan dibawa ke kantor Desa setempat. Kemudian diserahkan pada pihak kepolisian polsek Cibuaya dengan bukiti bukti yang ada seperti jaring penangkap udang bago, senter dan udang bago hasil tangkapan.

Kejadian ini dibenarkan Kepala Dusun Desa Sedari, Karyudi. Setelah menerima laporan dari warga setempat dirinya langsung mendatangi ke TKP.

"Setelah pelaku diamankan dikantor Desa, saya baru mendapat laporan dari warga bahwa ada maling yang tertangkap basah di lokasi kejadian tambak milik Kahpi. Saya langsung ke TKP," ucap Karyudi saat ditemui di kanator Polsek.

Dari bukti yang ada, pelaku belum dinyatakan tersangka oleh pihak Polsek Cibuaya dengan alasan masih dalam proses pemeriksaan penyidik. Sementara itu, pelaku diketahui bernama RM alias Doyok yang beralamat Desa Pejaten, Kecamatan Cibuaya.

Menurut keterangan dari Kapolsek Cibuaya, IPTU Memet Suparta, untuk hasil sementara, kasus ini untuk proses lanjut perlu pendalaman tersangka apakah memang sudah berapa kali beraksi. 

"Melihat dari bukti yang ada hasil tangkapannya kurang dari satu kilogram mungkin dikenakan tindak pidana khusus. Karena nilainya jika diuangkan kurang dari Rp2,5 juta mungkin ini dikenakan tindak pidana ringan dan tidak perlu ditahan," jelas Kapolsek, kepada Portaljabar.net di ruang kerjanya.

"Tidak perlu di tahan, kalau untuk tipiring. penahanan hanya 24 jam untuk masa proses saja. Terkecuali ada bukti bukti yang memberatkan maka tipiring itu sendiri akan hilang," tutup Memet. (wins)

Related Articles