Wawancara Eksklusif: Strategi Jitu Ketua KNPI Jawa Barat Gali Potensi Pemuda

BANDUNG- Dengan potensi jumlah pemuda terbesar di Indonesia, Jawa Barat mesti meneropong jauh apa yang menjadi kebutuhan para pemuda guna memaksimalkan potensi yang ada. Hal itu kini menjadi fokus utama visi DPD KNPI Jawa Barat dibawah komando sosok Rio F. Wilantara.

Dalam diskusinya bersama Portal Jabar (portaljabar.net), Rio mengungkapkan bahwa potensi pemuda di Jawa Barat akan menjadi sangat mubazir jika tidak dimanfaatkan ke arah yang positif. Untuk itu kini pihaknya telah merumuskan sejumlah program yang secara khusus menyasar para pemuda.

"Kurang lebih ada 4 segmentasi yang kita garap yaitu soal keagamaan, kewirausahaan dan politik serta pendidikan," ungkapnya.

Rio menjelaskan, bahwa KNPI Jawa Barat akan aktif turun ke pesantren mengingat bahwa pesantren adalah salah satu kantong emas potensi pemuda yang harus turut diarahkan dalam pengembangan potensinya. Selain itu program 1 kota/kabupaten 1 komoditas juga akan digalakkan untuk menunjang kebutuhan pemuda dalam karir di bidang ekonomi kreatif.

"Sedikit-demi sedikit potensi inilah yang mesti kita garap dan saya optimis hasilnya akan maksimal," ungkapnya.

Selain itu, Rio juga menyebut bahwa distribusi beasiswa pendidikan tinggi dari berbagai sumber baik dalam negeri maupun luar negeri akan terus dilakukan sehingga dapat menunjang kebutuhan sumber daya manusia di Jawa barat kedepan.

Tidak hanya itu, sadar bahwa pemuda harus menguasai kancah politik, Rio juga mengaku telah membangun jaringan komunikasi dengan sejumlah partai politik untuk dapat memberikan. "Kartu Istimewa" kepada para pemuda khususnya di KNPI yang akan terjun ke dunia politik.

"Saya yakin betul dengan memaksimalkan sejumlah potensi ini maka pemuda di Jawa barat dapat menguasai setiap elemen kehidupan sosial yang dampaknya adalah pembenahan mindset pemuda yang harus menjadi motor penggerak bukan pengikut," tegas Rio. (AM)

Saksikan video lengkap wawancara khusus kami dengan Ketua KNPI Jawa Barat di Channel Youtube Portal Jabar

 

BACA JUGA:

WAWANCARA KHUSUS: CERITA TEH INEU BAGI WAKTU MENGURUS ANAK DAN TUGAS SEBAGAI KETUA DPRD JABAR

 

 

 

 

Tags:

Berita Terkait

Related News