FSKN, Siap Sukseskan Asian Games 2018 Di Jakarta Dan Palembang

CIREBON - Forum Silaturahim Keraton Nusantara (FSKN) siap mensukseskan Asian Games 2018 yang digelar pada 18 Agustus hingga 2 September mendatang di Jakarta dan Palembang.

"FSKN menyambut gembira dan mendukung penyelenggaraan Asian Games agar sukses. Jadinya perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat agar bisa di jadikan sarana promosi keraton, pemerintah dan semua komponen bangsa," kata Ketua Umum FSKN, Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat, di Cirebon, Jumat (6/7/2018).

Menurut Sultan Arif, Asian Games 2018 Jakarta dan Palembang merupakan momentum yang baik untuk menunjukan kepada Internasional bahwa Indonesia mempunyai beragam kearifan lokal. Seperti adanya keraton di seluruh Nusantara, kesenian, kerajinan, kuliner, budaya dan lainnya yang sudah ada sejak dahulu sampai sekarang, ini tentu perlu dipromosikan.

"Kita akan kedatangan ribuan atlet dan official dari 45 negara selama Asian Games," ujarnya.

FSKN, kata Sultan Arief juga mengajak pemerintah dalam hal ini Kemenpora untuk bekerjasama di bidang olah raga tradisional. Karena itu, olahraga tradisioanal perlu diaktifkan kembali sebagai potensi dan jati diri bangsa Indonesia, agar tidak memudar dikikis zaman. 

"Olahraga tradisional perlu dilestarikan dan diaktifkan kembali sebagai potensi dan jatidiri bangsa Indonesia," katanya.

Kaderisasi para remaja dan pemuda di bidang kesenian tradisional, adat, tradisi, budaya keraton yang hampir punah harus dilestarikan. FSKN juga mendorong, agar wisata keraton dilestarikan dengan mewajibkan para remaja dan pemuda Indonesia mengunjungi keraton yang ada di Indonesia sebelum mengenal atau berwisata ke luar negeri. (Jhn)

Tags:

Berita Terkait

Related News