Begini Cara Mengatur Pelat Nomor Ganjil Dan Genap Di Aplikasi Google Maps

Portaljabar.net - Aplikasi Google Maps sudah mendapat update dan mendukung peraturan lalu lintas ganjil dan genap di Jakarta. Dengan fitur update terbaru ini, anda mendapatkan rute yang akurat.

Pada tanggal 30 Agustus 2016 pertaturan tentang pembatasan lalu lintas ganji dan genap resmi berlaku. Dengan demikian ada pembatasan kendaraan di wilayah ibu kota pada jam dan tanggal tertentu. Cara mengetahui apakah pelat anda ganjil atau genap bisa dilihat dari belakang pada tanda nomor kendaraan anda. Misalnya B 1405 SIK berarti ganjil dan B 1406 SIK berarti genap.

Sistem peraturan lalu lintas ini mungkin akan membuat anda bingung bagi yang berkunjung atau sedang tinggal di Jakarta. Kalau anda bingung ada aplikasi Google Maps yang siap membantu kapan saja.

-   Menentukan Pelat Nomor Ganjil Genap di Google Maps
Kalau anda belum menentukan nomor pelat ganjil genap kendaraan, pilihan itu akan muncul saat anda membuka aplikasi Google Maps. Atau anda bisa menentukan dari pilihan ikon mobil. Swipe atau geser untuk menemukannya, pilihlah salah satu ganjil atau genap, setelah itu pilih dan tekan “Simpan”


Dengan begitu google maps akan memilih dan menuntun anda dengan rute terbaik supaya tidak melanggar peraturan.

Misalkan pelat nomor mobil anda ganti atau sedang memakai mobil lain, ada caranya lagi ini :

Buka aplikasi Google Maps.

Tekan ikon Menu 

Masuk ke ‘Setelan‘.

Masuk ke ‘Setelan Navigasi‘ (pilihan ini letaknya agak ke bawah).

Tekan ‘Hindari jalan dengan aturan pelat nomor ganjil genap‘.

Masukkan pilihan pelat nomor ganjil atau genap.

Tekan ‘Simpan‘.

 

Nah, sangat mudahkan, Setelah mengatur pelat nomor di Google Maps, anda bisa berkendara dengan lebih baik. Selama periode pemberlakuan pembatasan pelat nomor, anda hanya akan melihat rute yang bisa dilewati pelat nomor kendaraanmu.

Tags:

Berita Terkait

Related News