IPB Fasilitasi Mahasiswa Asal Daerah Terdampak Gempa Dan Tsunami Untuk Pulang Kampung

BOGOR-Institut Pertanian Bogor (IPB) fasilitasi mahasiswa asal Donggala, Palu dan Sigi Sulawesi Tengah untuk pulang kampung menengok keluarga dan kerabat mereka yang terdampak gempa dan tsunami.

Demikian dikatakan Rektor IPB, Arif, saat ditemui di Kampus IPB Dramaga. Bahkan menurut Rektor, pihaknya saat ini tengah melakukan pendataan mahasiswa asal ketiga daerah tersebut.

“IPB akan membantu mahasiswa asal Palu, Donggala dan Sigi untuk pulang ke kampung halaman mengecek kondisi keluarganya bila ada yang memerlukannya,” ujar Arif, Rabu (3/9/2018).

Ada beberapa langkah darurat yang sedang dilakukan IPB selain pendataan mahasiswa yang keluarganya terdampak bencana, yakni akan memberikan beasiswa serta bantuan biaya hidup selama menempuh pendidikan di IPB bagi yang benar terdampak seperti rumahnya hancur dan orang tua mereka kehilangan mata pencaharian.

“Kita coba telusuri berapa banyak dan seberapa besar masalah yang dihadapi. Yang serius misalnya rumahnya hancur, penghidupannya terkendala atau tidak punya pekerjaan lagi," jelasnya.

Sementara untuk kepulangan mahasiswa, pihak IPB memberikan dua opsi yaitu menggunakan penerbangan komersil atau bekerjasama dengan TNI AU.

"Khusus untuk rencana kepulangan para mahasiswa ini, kita akan apakah akan menggunakan penerbangan komersil atau kerjasama dengan TNI AU," imbuhnya. 

Dalam jangka panjang, IPB melalui Pusat Studi Bencana dan Pusat-Pusat Studi di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), akan ikut berperan dalam mitigasi bencana sampai recovery, menghidupkan dan mengembangkan potensi pertanian, peternakan dan perikanan di Palu, Donggala dan Sigi pasca gempa.

“Untuk kedepan, IPB akan membantu merevitalisasi pertanian, perikanan dan peternakan di Palu, Donggala dan Sigi. IPB akan fokus pada tahap kedua yakni pada community development. Kita akan manfaatkan data dari berbagai pusat studi di IPB untuk melakukan kegiatan penanganan pasca gempa di sana,” pungkasnya. (her).

Tags:

Berita Terkait

Related News