Polres Bogor Kota Ungkap Kronologis Terbakarnya SPBU

BOGOR-Kebakaran yang terjadi di SPBU 34-16-109 Warung Jambu, Bogor Utara Kota Bogor pada Kamis (11/10/2018) petang dalam penyelidikan Streskrim Polresta Bogor Kota. Dua petugas SPBU dan pembeli BBM dengan jerigen yang diduga pemicu terjadinya kebakaran, diperiksa petugas.

Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota, Kompol Agah Sonjaya, mengungkapkan, seputar kronologis kejadian. Menurutnya peristiwa bermula ketika Soleman (59) datang membeli BBM jenis Pertalite sebanyak 110 liter dengan menggunakan 4 buah jerigen yang langsung dilayani petugas SPBU bernama Anto (28) sekira pukul 17.30 WIB.

"Anto lalu memprogram BBM pertalite yang akan dikeluarkan sebanyak 110 liter, selanjutnya dia menyerahkan selang pengisian kepada Soleman untuk melakukan pengisian sendiri," ungkap Agah kepada Portaljabar.net, Jumat (12/10/2018).

Anto kemudian menitipkan proses pengisian oleh Soleman tersebut kepada rekannya Soleh Makmun untuk pergi makan. Saat itu Soleh Makmun sedang melayani konsumen lain yang melakukan pengisian BBM.

"Ketika Soleman sedang melakukan pengisian jerigen yang keempat, Ia melihat ada api menyala pada ujung nosel pipa pengeluaran BBM dan dia berteriak "ada api." Soleh yang mendengar teriakan Soleman langsung mengambil alih selang pengeluaran dan meletakkannya di lantai," jelasnya.

Selanjutnya petugas keamanan SPBU bernama Cucup Supriatna berusaha mendorong sepeda motor yang bermuatan jerigen untuk menghindari terjadinya sambaran api. 

"Namun saat akan didorong, sepeda motor tersebut malah terguling sehingga pertalite yang berada dalam jerigen tumpah dan langsung disambar api yang masih menyala di ujung selang hingga membesar," papar Agah.

Mengetahui kejadian itu, sambung Kasat beberapa orang karyawan berusaha memadamkan api dengan menggunakan 2 buah tabung Aphar besar dan 3 buah tabung Aphar kecil sehingga api mulai kecil. Selanjutnya datang 5 unit mobil pemadam kebakaran dan melakukan pemadaman hingga akhirnya api berhasil dipadamkan.

"Kami kemudian memeriksa kedua petugas SPBU tersebut bersama pembeli BBM yang menggunakan jerigen sebagai saksi," katanya.

Akibat kejadian tersebut, sambungnya, satu unit dispenser BBM hangus terbakar dan 1 unit sepeda motor Mio bernopol F 3505 CL dan sepeda motor Ninja bernopol F 3939 DN, warna hitam hangus terbakar. 

Tidak ada korban jiwa maupun luka akibat insiden tersebut. Saat ini, kasusnya masih dalam penyelidikan polisi untuk mengetahui penyebab pasti kejadian ini," tutupnya. (her).

Tags:

Berita Terkait

Related News