Awas ! Pengguna Narkoba Rentan Terjangkit HIV

PURWAKARTA - Penyalahgunaan obat-obatan terlarang dan narkoba menjadi salah faktor terbesar penyebab terjangkitnya seseorang oleh human immunodeficiency virus (HIV).

Demikian disampaikan KBO Res Narkoba Polres Purwakarta, IPTU Rudiyanto, selaku narasumber pada kegiatan Sosialisasi P4GN dalam acara Peringatan Hari AIDS Se Dunia di Taman Surawisesa, Purwakarta, Minggu (02/12/2018).

Rudiyanto menjelaskan, bagaimana bisa konsumsi narkoba menyebabkan seseorang terkena HIV?, konsumsi obat-obatan terlarang lebih berperan penting dalam penularan HIV daripada penggunaan obat melalui suntikan.

"Alasannya, seseorang yang berada di bawah pengaruh obat tertentu lebih cenderung melakukan perilaku berisiko. Seperti melakukan seks tanpa kondom dengan orang yang terinfeksi dan berbagi obat atau alat suntik dengan orang yang memiliki HIV," jelas KBO Res Narkoba.

Rudiyanto berharap, di hari HIV Se Dunia tersebut tingkat kesadaran masyarakat terutama dikalangan remaja bahwa narkoba mengancam masa depan penyalahgunanya.

"Mari bangun bangsa ini dengan menjauhi narkoba. Sebab, bangsa ini butuh generari muda tangguh, berprestasi yang bersih dari narkoba," tegasnya.

Diketahui, selain dihadiri oleh Kabag Kesra, Babang hedrawan, Kapolsek Purwakarta Kota, Suyono, Pasiter kodim Kapten Armed Amarudin, KBO Narkoba res Purwakarta IPTU Rudiyanto, acara tersebut juga diikuti oleh perwakilan guru sekolah Purwakarta, dan ratusan pelajar juga mahasiswa dari sejumah perguruan tinggi yang ada di Purwakarta. (Rhu)

Tags:

Berita Terkait

Related News