Pemkab Cirebon Bakal Gaet Investor Kembangkan Wisata Penyu Di Balewa

CIREBON-Usai mengunjungi Pulau Penyu yang ada di Desa Tanjung Benoa, Kecamatan Kute Selatan, Kabupaten Badung, Pemkab Cirebon berencana gaet investor untuk kembangkan wisata penyu Belewa, yang ada di Desa Belawa Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon. 

Hal itu diungkapkan Sekretaris Bapelitbangda Kabupaten Cirebon, Suratmo. Menurutnya Kabupaten Cirebon memiliki kawasan wisata yang sama seperti Pulau Penyu Tanjung Benoa yaitu kura-kura Belawa yang ada di Desa Belewa, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon.

"Terkait Industri wisata memang kita harus menggandeng beberapa Investor, untuk mendongkrak kawasan wisata yang ada di Kabupaten Cirebon," katanya, Kamis (6/12/2018).

Setelah melihat wisata Pulau penyu yang ada di Desa Tanjung Benoa, Kabupaten Badung. Menurutnya wisata kura-kura yang ada di Belewa juga harus dikembangkan dan dikelola secara progesional untuk menarik perhatian para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

"Kura-kura Belawa di Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon saya kira sangat potensi sekali. Namun sayang belum diklola secara profesional," ucapnya. 

Selain kura-kura Belawa ini, lanjut Suratmo, di kawasan objek wisata itu terdapat dua situs yang masih terjaga, yakni Situs Sumur Pamuyuran dan Situs Pasujudan.

"Jika objek wisata itu dikelola dengan baik, maka akan seperti objek wisata Pulau Penyu yang ada di Tanjung Benoa," imbuhnya. 

Potensi Alam dan Budaya di wilayah Kabupaten Cirebon, menurutnya cukup banyak, hanya karena belum ada suatu badan swasta yang mengelola secara profesional, karena secara pembangunan sebenarnya tidak semua sektor dilaksanakan oleh pemda.

"Kita sangat perlu juga menggandeng pihak wisata untuk mengembangkan suatu wisata itu memang kedepan harus kita difikirkan untuk menggandeng Investor. Dan sebenarnya jika kawasan wisata di Cirebon sudah dibuka, maka para investor akan berdatangan," tutup. (abr). 

Tags:

Berita Terkait

Related News