Melalui CSR, Pemberdayaan Ekonomi Warga Desa Cicadas Terus Meningkat

PURWAKARTA-Setelah berhasil meraih penghargaan Eco Village Award tahun 2018 dalam kategori Eco Village Mandiri Inspiratif, warga Desa Cicadas, Kecamatan Babakan Cikao, Purwakarta kembali menunjukkan geliat kemandiriannya di Kampung Ciroyom, Kamis (6/12/2018).

Kepala Desa Cicadas, Sulaeman Purba, mengaku bersyukur atas kemitraan yang harmonis yang dijalin warganya dengan pihak PT South Pacific Viscose. 

Sebab menurutnya, berkat CSR dari perusahaan penghasil serat Viscose itu dalam bentuk kegiatan BSM (Bank Sampah Mandiri), dapat menciptakan lapangan kerja baru untuk warga desa seperti ternak burung Puyuh, kerajinan tangan berbahan kayu bekas palmer, dan ternak Ikan Lele.

"Sehingga hal ini pun berdampak pada penghasilan bagi warga Desa Cicadas sebagai penunjang kebutuhan rumah tangga tentunya," kata Sulaeman. 

Sementara itu, Head of Safety, Health, & Environmental PT SPV, Achmad Yana Apriandi mengatakan, CSR tersebut merupakan komitmen PT SPV untuk menciptakan keseimbangan yang mutual antara pihak perusahaan dengan Pemerintah Desa Cicadas dan warganya melalui kegiatan CSR. 

"Ini ikhtiar yang menunjukkan hasil nyata bahwa kegiatan CSR bukan hanya memberi donasi uang namun dapat menciptakan paradigma baru lewat kegiatan Pemberdayaan Masyarakat agar lebih mandiri," ujar Achmad. 

Di sisi lain, salah seorang warga Kampung Ciroyom RT 04 RT 04 Desa Cicadas, Kecamatan Babakan Cikao, Purwakarta, Dedi mengatakan, bahwa kegiatan Eco Village sudah dapat menjadi penghasilan bagi warga. 

"Untuk ternak Burung Puyuh di Kampung Ciroyom sudah bertelur dan terjual habis karena banyak pembeli telur puyuh sedangkan jumlah peternak Burung Puyuh yang masih sedikit," kata Dedi. (rhu). 

Tags:

Berita Terkait

Related News