Tipu Warga Ratusan Juta, Anggota Intel Polda Jabar Gadungan Ini Berhasil Diringkus

CIREBON-MK (36) seorang pria pengangguran mengaku sebagai anggota Intel Polda Jabar alias polisi gadungan dengan pangkat Bripka, diciduk oleh jajaran Polsek Lemahwungkuk, Kota Cirebon. 

Hal tersebut lantaran telah melakukan tindak penipuan dengan modus bisa memasukkan pekerjaan di sebuah instansi Pemerintahan. Ia ditangkap saat berada di Kantor Kelurahan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, pada Selasa (4/12/2018) lalu.

Kapolres Cirebon Kota, AKBP Roland Ronaldy, melalui Kapolsek Lemahwungkuk, Iptu Tarsiman, tersangka melakukan modus penipuan kepada para korbannya yang mau menjadi PNS dan Pejabat Pemda, atau Instansi Pemerintahan lainnya dengan membayar sejumlah uang. Adapun besaran uangnya berbeda-beda, tergantung dari posisi jabatan yang diinginkanya.

“Ada yang hanya Rp 4 Juta, Rp 25 Juta bahkan hingga ratusan juta. Namun, jabatan tersebut hanyalah janji palsu saja untuk memperkaya diri dan foya-foya,” kata IPTU Tarsiman di di Mapolsek Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Kamis (6/12/2018).

Kepada calon korban, lanjut Kapolsek, tersangka mengaku dari Intel Polda, yang telah di karyakan untuk mengawasi Kantor Pemda dan Instansi di wilayah 3 Cirebon. Tersangka juga mengaku kenal dengan beberapa pejabat di Pemda Kota Cirebon. Untuk modus agar korban percaya.

Awalnya, kata Kapolsek, tersangka yang berasal dari Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon ini, masih mengaku sebagai Intel Polda saat ditemui petugas Kepolisian yang berpakaian Dinas di Kantor Kelurahan Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Setelah diinterogasi, akhirnya tersangka mengaku bahwa dia hanyalah Intel gadungan.

“Tersangka hanya seorang pengangguran. Dia melihat peluang untuk mendapatkan uang dengan cara penipuan dan hasilnya untuk foya-foya,” jelasnya.

Adapun korban penipuan dari tersangka cukup banyak, sejak dua tahun lalu dia memulai aksi penipuannya. 

Bahkan, tambahnya, ada juga korban yang berasal dari kalangan TNI, dan pihaknya menghimbau apabila ada masyarakat lainnya yang menjadi korban agar segera melaporkan ke Polsek Lemahwungkuk.

“Atas tindakannya, tersangka kami kenakan pasal 378 tentang Penipuan dengan ancaman 4 tahun penjara,” pungkasnya. (jhn).

Tags:

Berita Terkait

Related News