Tercatat Di Directori Warisan Budaya Nasional, Ini Keseruan Tradisi Ngarot Di Indramayu

INDRAMAYU-Tradisi Ngarot merupakan salah satu budaya yang dimiliki Kabupaten Indramayu, yang tercatat di Directori Warisan Budaya Nasional. Hal tersebut dilakukan Pemerintah, guna menjaga dan melestarikan tradisi atau budaya yang dimiliki di setiap daerah di Jawa Barat.

Hal tersebut di ungkapkan oleh Iim Imanudin, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai Pelestarian Nilai Budaya Jawa Barat, menurutnya, Tradisi Ngarot atau Pesta Tani dari Desa Lelea ini, masuk dalam konteks terdapat Undang-Undang Pemajuan Kebudayaan tahun 2017 yakni Perlindungan, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Pembinaan.

"Pencatatan Tradisi Ngarot atau Pesta Tani Desa Lelea di Directori Warisan Budaya (Warbudnas), sangat perlu untuk menyelematkan dan menjaga agar tetap lestari," kata Iim Imanudin, saat di temui usai acara Ngarot, Rabu (19/12/2018).

Sehinga, lanjut Iim, dengan dicatatnya Tradisi Ngarot di Directori warisan budaya Nasional, diharapkan masyarakat Indramayu dapat melestarikan dan menjaganya.

"Ngarot adalah tradisi yang sudah ada sejak ratusan tahun silam. Maka, kita perlu jaga dan lestarikan agar generasi penerus bisa mengetahui dan mengenalnya," tutup Iim. (jhn).

Tags:

Berita Terkait

Related News