DPC HAPI Karawang Selenggarakan UPA PKPA Angkatan Pertama

KARAWANG- Sebagai salah satu pilar pengerak hukum dan HAM, seorang advokat dituntut untuk memiliki mental, integrasi, kecakapan dan keterampilan yang memadai dalam menjalankan tugasnya.

Untuk mewujudkan profesi advokat sebagai officium nobile, serta meningkatkan kualitas dan profesionalisme advokat Indonesia sebagaimana yang diamanatkan dalam pasal 2 Ayat (1) UU Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat. Dimana Undang-undang ini mensyaratkan setiap sarjana yang berlatar pendidikan tinggi hukum yang akan berprofesi sebagai Advokat harus mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA).

Hal ini membuat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Advokat Pengacara Indonesia (HAPI) Kabupaten Karawang mengadakan Ujian Profesi Advokat (UPA) Pendidkan Khusus Profesi Advokat (PKPA) angkatan pertama.

Acara PKPA HAPI yang pertama ini di hadiri oleh para pengurus HAPI se-Jawa Barat termasuk Plt Ketua Umum HAPI, H. Abdullah Sella SH,MH, Ketua DPD HAPI Jawa Barat, Deni Hermawan SH,MH serta seluruh ketua DPC HAPI se-Jawa Barat. Acara tersebut di laksanakan di Hotel Pangestu Karawang beberapa waktu yang lalu.

UPA PKPA ini di ikuti oleh para lulusan sarjana hukum dari berbagai kabupaten/kota se-Jawa Barat, diantaranya Kabupaten, Bogor, Bandung, Garut dan Subang, Karawang dan Depok.

Ketua DPC HAPI Kabupaten Karawang Drs Syafrial Bakri SH,MH yang juga sebagai Panitia Penyelenggara UPA PKPA, dalam sambutannya menyampaikan bahwa HAPI adalah salah satu asosiasi advokat yang resmi dari 8 organisasi advocat yang ada di Indonesia yang tercantum dalam Undang-undang Advokat nomor 18 tahun 2003.

"Sebagai organisasi resmi artinya negara mengakui adanya HAPI. Selain itu DPC HAPI Karawang hadir untuk memberi pencerahan keilmuan kepada masyarakat Karawang khususnya dan umumnya kepada seluruh masyarakat Indonesia," ucap Syafrial.

Syafrial juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ketua Umum serta ketua DPD Jawa Barat dan seluruh DPC se-Jawa Barat yang telah menyempatkan diri untuk datang dalam penyelengaraan UPA PKPA yang pertama kali untuk di Kabupaten Karawang.

Syafrial berharap kepada para peserta UPA PKPA, dengan adanya kegiatan ini agar para calon advokat yang nantinya setelah lulus bisa menunjukan profesionalisme dan penegakan hukum yang sebenar benarnya sesuai amanah Undang-undang Advokat dan kode etiknya.

Sementara itu Ketua DPD HAPI Jawa Barat, Deni Hermawan mengapresiasi kegiatan HAPI Karawang yang telah bisa melaksanakan UPA PKPA, yang sistem pelaksanaannya adalah para peserta melakukan ujian terlebih dahulu setelah di nyatakan lulus barulah panitia mengadakan pelatihan PKPA nya.

"Ini adalah suatu bukti bahwa DPC HAPI Karawang telah melaksanakan Amanah Undang-undang dengan mengadakan ujian profesi Advokat. Saya ucapkan sukses selalu untuk Ketua DPC Karawang," ucap Deni. (Uya)

Tags:

Berita Terkait

Related News