Sukseskan Bidang Peternakan, Mahasiswa Teknik Elektro Unsika Hadirkan Solar Dryer Portabel

KARAWANG-Melalui pengalaman berharga yang diperoleh di bangku perkuliahan, diharapkan dapat mengembangkan pemikiran berdasarkan ilmu teknologi untuk memotivasi masyarakat dalam pembangunan yang lebih maju. Inilah peran sebagai mahasiswa yang berhasil ditunjukkan oleh mahasiswa Teknik Elektro, Universitas Singaperbangsa Karawang. 

Pasalnya, mahasiswa Teknik Elektro ini berhasil menciptakan teknologi alat pengeringan untuk Urea Mollases Block (UMB) yakni Solar Dryer Portabel dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berbasis Arduino.

Solar Dryer Portabel hadir dilatar belakangi untuk memajukan potensi sumber daya alam terutama di bidang peternakan. Hal tersebut menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas ternak yaitu penggemukan ternak dengan membuat pakan tambahan yakni UMB. Dalam pembuatan UMB yang dilakukan masyarakat, masih secara konvensional yang biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama karena suhu dan energinya tergatung pada sinar matahari. Hal ini, tentunya akan berpengaruh langsung terhadap kualitas dan mutu dari vitamin untuk domba itu sendiri.

Alat ini diciptakan mengingat dari segi efisien, efektif serta tepat guna dalam pengeringan produk UMB yaitu dengan menggunakan alat Solar Dryer Portable sumber suplai beban dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berbasis Arduino. Alat yang dirancang secara teknologi ini, memanfaatkan tenaga listrik dan mampu menghasilkan produksi UMB yang hasil keringnya sama dengan sinar matahari. Upaya ini diharapkan mampu menurunkan kadar air sesuai standarnya dengan proses pengeringan yang lebih cepat, tidak tergantung hanya pada energi sinar matahari, cuaca serta iklim.

Melihat permasalahan tersebut, mahasiswa Teknik Elektro, Universitas Singaperbangsa Karawang, yang terdiri dari Hasna Aliya Roostiani, Gilang Ramadhany Hakim, Henri Prasetya, Haris Hermawan dan Deny Patra, menciptakan teknologi unggulan yang diperuntukan untuk bidang peternakan.

Sehingga, Solar Dryer Portabel sumber suplai beban dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berbasis Arduino, hadir agar waktu pengeringan relatif lebih pendek dan kualitas hasil pengeringan lebih baik. Proses pengeringan dilakukan menggunakan teknologi rekayasa surya sebagai hasil perbaikan dari cara pengeringan alami dan tradisional. (gadis).

Berikut pemaparan kelebihan dari alat yang dirancang untuk mempermudah para peternak domba ini, diantaranya :

- Lebih efisien dalam penggunaan waktu saat melakukan pengeringan.

- Hemat energi karena sumber tegangan yang digunakan berasal dari energi matahari.

- Alat ini mudah dibawa dan tentunya sangat fleksibel terhadap tempat dalam kondisi apapun.

- Kualitas hasil pengeringan lebih baik karena panas yang digunakan stabil, sehingga mempengaruhi hasil pengeringan.

Tags:

Berita Terkait

Related News