Turunnya Fungsi Penglihatan Anak, Pemerintah Jepang Klaim Smartphone Penyebabnya

PORTALJABAR.NET-Pemerintah Jepang belum lama ini mengklaim smartphone menjadi salah satu penyebab memburuknya penglihatan para siswa-siswi di negaranya. 

Dilansir dari Engadget, Sabtu (29/12/2018), survei terkini yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Sains, dan Teknologi Jepang, menemukan jumlah siswa dengan penglihatan di bawah skor standar 1.0 (ekuivalen 20/20) berada pada titik tertinggi sepanjang masa, yaitu 25,3 persen.

Lebih buruk lagi, terhitung bahwa lebih dari 67 persen siswa sekolah menengah dan 34 persen siswa sekolah dasar tidak memenuhi standar. Pemerintah Jepang mengkaitan hal ini dengan peningkatan waktu yang dihabiskan untuk menatap layar smartphone.

Industri gim mobile memang sangat besar di Jepang. Menurut data Newzoo, Jepang merupakan pasar gim ketiga terbesar di dunia dan sebagian besar bermain gim smartphone.

Para ahli pun memperingatkan bahwa paparan jangka panjang cahaya biru yang dipancarkan dari smartphone dapat menyebabkan ketegangan dan kelelahan pada mata. (gadis).

Tags:

Berita Terkait

Related News