Mantap! Anak Muda Karawang Bentuk Komunitas Pemuda Literasi

KARAWANG - Mantap dan luar biasa serta patut diacungi jempol untuk kelompok pemuda asal Kabupaten Karawang dan Bekasi ini.

Mereka patut diberi apresiasi yang luar biasa karena penuh kerelaan dan kesederhanaan, mereka membentuk sebuah positif bernama Pemuda Literasi.

Ketua Pemuda Literasi, Sobri mengatakan, komunitas ini adalah sekumpulan pemuda Karawang dan Bekasi yang bergerak untuk meningkatkan minat baca buku agar tidak termakan oleh zaman yang semakin modern.

Komunitas Pemuda Literasi dibentuk oleh para mahasiswa di Karawang dan Bekasi. Kegiatannya membudayakan membaca 1 jam dalam sehari baik itu membaca buku novel, pusis, cerpen, Al-qur'an dan lain-lain.

Pemuda Literasi ini dibentuk sejak 20 Desember 2018. Kegiatan rutin yang diikuti anggota seperti diskusi bersama, mengadakan lomba puisi, tausiyah, pidato, bersosialisai ke kampus-kampus maupun masyarakat agar Komunitas Pemuda Literasi diresmikan oleh pemerintah daerah.

"Kami juga tergabung dalam literasi penggerak dunia. Salah satu dari anggota kami awal Januari akan pergi ke Singapura untuk berjalan-jalan dan melihat kegiatan literasi disana," ujar Sobri, kepada portaljabar.net, Minggu (30/12/2018).

Menurut Sobri, selain di Karawang, Pemuda Literasi juga sudah merintis di berbagai kabupaten/kota lain di Jawa Barat, seperti Cirebon, Bekasi, Bandung, Bogor, Cianjur, Sukabumi, Garut, dan Jakarta.

Salah satu kegiatan positif, beberapa waktu lalu anggota komunitas ini berkunjung ke Taman Makam Pahlawan (TMP), dan Monumen Rawagede.

"Kunjungan itu untuk melestarikan budaya, menjaga tradisi dan memahami sejarah khususnya di Karawang," ucap Sobri.

Selain menambah wawasan, lanjut Sobri, berkunjung ke tempat bersejarah juga dapat menambah pengalaman baru semua anggota Pemuda Literasi. (ega)

Tags:

Berita Terkait

Related News