Angin Puting Beliung Kembali Menerjang Kabupaten Cirebon, Belasan Rumah Rusak Parah

CIREBON - Angin puting beliung kembali menerjang Kabupaten Cirebon, tepatnya di Desa Ciawijapura, Kecamatan Susukan Lebak. Akibatnya belasan rumah mengalami kerusakan cukup berat, Selasa (08/01/2019).

Data yang dihimpun Portaljabar.net angin puting beliung itu terjadi sekitar pukul 16.30 WIB. Akibatnya sebanyak 12 rumah milik warga alami kerusakan cukup berat. Bukan hanya itu 2 tiang listrik dan 25 pohon tumbang.

"Dari kejadian itu beruntung tidak ada korban jiwa, hanya saja beberapa rumah alami kerusakan cukup parah," ujar Fauzan Koordinator Lapangan BBPD Kabupaten Cirebon.

Penangan puluhan pohon dan dua tiang listrik yang tumbang, lanjut Fauzan, petugas dibantu masyarakat segera melakukan evakuasi beberapa pohon yang menimpah rumah warga, dengan alat seadanya.

"Puluhan pohon yang tumbang kami dengan warga segera lakukan evakuasi. Sedangkan untuk dua tiang litrik kami sudah berkoordinasi dengan Dishub Kabupaten Cirebon," katanya.

Mengingat Kabupaten Cirebon ini termasuk rawan Bencana, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cirebon, Maryono, telah melakukan koordinasi ke tingkat provinsi. Kordinasi tersebut dilakukan untuk menyiapkan keperluan penanggulangan, jika terjadi bencana.

Kami sudah berkoordinasi dengan Dinsos Provinsi Jawa Barat dalam rangka menyiapkan keperluan atau komoditi penanggulangan bencana," katanya.

Selain itu, Dinsos Kabupaten Cirebon juga sudah menyiapkan mitra yaitu personil dari Taruna Siaga Bencana atau Tagana yang senantiasa akan siap sedia jika terjadi bencana.

"Dinsos Provinsi Jawa Barat telah merespon kordinasi yang dilakukan Dinsos Kabupaten Cirebon," katanya. (abr)

Tags:

Berita Terkait

Related News