Aplikasi Berbasis Smartphone, Persempit PNS Karawang Yang Kerjanya Nitip Absen

KARAWANG- Berkembangnya teknologi informasi berbasis telepon pintar atau smartphone rupanya coba diaplikasikan Pemkab Karawang dalam rangka mencegah PNS bekerja malas-malasan dengan cara titip absensi kepada PNS lainnya.

Kepala Bidang Kesejahteraan dan Disiplin, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karawang, Dudi menerangkan aplilkasi yang dimaksud bernama SIAP (Sistem Informasi Absensi Pegawai). Kelebihan dari SIAP dibandingkan perangkat finger adalah berbasis GPS (Global Positioning System), selfi dari pegawai sebagai bukti kehadiran dan notifikasi kepada atasan pegawai.

“Aplikasi ini sangat efektif diterapkan untuk menekan pegawai yang malas-malasan dalam bekerja,” ujarnya.

Selain itu aplikasi SIAP ini juga dapat menghitung secara tepat TPP (Tambahan Penghasilan Pegawai) dari segi aspek kehadiran.

“Lewat aplikasi SIAP besaran TPP dapat diketahui dengan jelas. Walaupun memang ada faktor besaran TPP lainnya yaitu kinerja pegawai,” ujarnya.

Sehingga ketika ada pegawai yang tidak masuk kerja tanpa alasan yang jelas akan langsung terekam dan berimbas pada pemotongan TPP yang bersangkutan.

Penggunaan aplikasi SIAP sendiri menurut Dudi berdasarkan Perbup Nomor 31 tahun 2018 Tentang Pedoman Pemberian TPP di Lingkungan Pemkab Karawang.

Bahkan manfaat selanjutnya selain dapat menerapkan sanksi pemotongan TPP, adanya aplikasi SIAP berperan dalam penegakan disiplin pegawai sesuia dengan PP Nomor 53 Tahun 2010 Tentang PNS.

Menurut Dudi saat ini penerapan SIAP di kalangan pegawai Pemkab masih dalam tahap ujicoba hingga bulan Maret 2019. Setelah itu akan diterapkan secara menyeluruh di setiap instansi yang berada di naungan Pemkab Karawang.

“Setelah Maret 2019, setiap PNS Pemkab Karawang diwajibkan mempunyai smartphone dan aplikasi SIAP. Tidak ada alasan lagi jika belum mempunyai kedua alat tersebut setelah Maret 2019,” tandasnya. (ega)

Tags:

Berita Terkait

Related News