Kian Melesat, Ini Keunggulan Penerapan Jaringan 5G

PORTALJABAR.NET-Jaringan telekomunikasi terus berkembang hingga saat ini, sesuai dengan perkembangan teknologi diawali dari 2G, 3G, 4G hingga 5G. Teknologi 2G sendiri diadaptasi sejak akhir tahun 90an. 

Kemudian terus berlanjut hingga jaringan 4G sampai saat ini. Bahkan, jaringan 5G akan segera dirampungkan pada tahun 2020 mendatang. 5G merupakan evolusi dari teknologi 4G (LTE) dan memiliki beberapa keunggulan yang lebih dari teknologi 4G.

Dibandingkan jaringan 4G, teknologi 5G memiliki keunggulan dari segi teknologi. Benefit yang dihasilkan 5G pun lebih banyak dari sisi Provider itu sendiri, Pemerintah, para Mitra dan para Penggunanya.

Apa saja sih keunggulan teknologi 5G ini ? Berikut Portaljabar.net akan sebutkan apa saja keunggulannya, diantaranya :

Aspek pertama adalah peningkatan kecepatan internet seluler atau enhanced mobile broadband (eMBB). Pada aspek eMBB, yang bisa ditampilkan seperti penyiaran gambar dengan sudut pandang 360 derajat dan perekaman gambar dengan fitur realitas tertambah (AR) dan realitas virtual (VR).

Jaringan 5G ini jelas memberikan koneksi internet yang lebih cepat dibandingkan 4G LTE.

Dari segi biaya, 5G lebih efisien. Baik untuk Provider itu sendiri maupun dari pengguna. 4G sudah efisien, namun 5G lebih efisien lagi.

Dari konsumsi daya baterai, 5G lebih hemat. 5G hanya mengkonsumsi sedikit daya baterai dibandingkan 4G. (gadis).

Tags:

Berita Terkait

Related News