Diduga Migrasi, Kawanan Serangga Dalam Jumlah Besar Serbu Kota Suci Mekkah

PORTALJABAR.NET-Para pengunjung Masjidil Haram di Kota Suci Mekkah, Arab Saudi, dikagetkan oleh kawanan jangkrik dan belalang dalam jumlah besar. Kehadiran serangga-serangga tersebut telah terjadi sepanjang pekan ini.

Menurut informasi sementara yang didapat KJRI Jeddah, serangga jenis jangkrik tersebut tak berbahaya. Ribuan jangkrik dan belalang yang memenuhi Masjidil Haram, bahka juga sampai ke dekat Kabah. KJRI Jeddah masih terus mengamati perkembangan situasi terkait invasi serangga-serangga ini.

Sebelumnya, seperti dilansir Gulf Business dan The National, serbuan jangkrik hitam di Masjidil Haram membuat publik heran. Sejumlah foto dan video yang beredar di media sosial menunjukkan kawanan jangkrik menempel di dinding, lantai, hingga pada pakaian jemaah di kompleks Masjidil Haram. 

Bukan hanya di kompleks Masjidil Haram, jangkrik-jangkrik itu juga masuk ke rumah-rumah hingga sekolah di Mekkah. Pemerintah setempat pun melakukan desinfeksi besar-besaran.

Pemerintah kota Makkah membenarkan fenomena tersebut. Dalam pernyataannya, Kota Mekkah menyebut serangga-serangga itu sebagai “belalang hitam” dan mengatakan jutaan jangkrik dan belelang itu dalam tahap migrasi.

Untuk membersihkan serangga-serangga tersebut, Mekkah membentuk 22 tim yang terdiri dari 138 orang untuk membasminya. Mereka membawa sekitar 111 alat pembasmi.

Dalam berbagai foto dan video yang beredar, tim ini menyemprotkan asap di Masjidil Haram dan sekitarnya sehingga membuat jangkrik-jangkrik itu mati. Sementara, petugas lainnya menyapu bangkai-bangkai serangga itu. (gadis).

Tags:

Berita Terkait

Related News