Anggota Koramil Batujaya Bersihkan Sampah Dan Eceng Gondok Di Saluran Irigasi

KARAWANG - Permasalahan sampah dan eceng gondok yang menggunung di sepanjang saluran irigasi mulai dari wilayah Rengasdengklok sampai Pakisjaya sangat berpengaruh terhadap kelancaran pengairan ke sawah-sawah warga.

Seringkali dibersihkan namun terus menerus ada, entah karena kesadaran warga yang minim ataupun tidak pedulinya instansi terkait dalam mengatasi masalah ini.

Menyikapi hal tersebut, Danramil/0402 Batujaya, Kapten Infanteri Kusnen, menginstruksikan kepada anggotanya serta mengajak masyarakat untuk bersama-sama membersihkan sampah dan eceng gondok yang terdapat disaluran Irigasi.

Bukannya tanpa kendala, banyaknya sampah di sepanjang saluran tersebut tidak memungkinkan jika hanya mengandalkan tenaga manual.

"Kalau pakai tenaga manual harus di buang ke tempat sampah, namun daya tampung tempat sampah yang ada hanya sebagai tempat pembuangan sampah rumah tangga, harusnya pakai beko dan diangkut oleh truk sampah," ujar Danramil.

Lebih lanjut Danramil menjelaskan, selama ini jajarannya bersama masyarakat hanya mampu mengangkat sampah dan eceng gondok semampunya lalu ditaruh di bibir Irigasi.

Hal ini  tidak menyelesaikan masalah bahkan timbul permasalahan baru, karena sampah dan eceng gondok yang kering mengeluarkan bau yang sangat busuk sehingga mencemari udara.

Karena keterbatasan alat kerja yang dimiliki Koramil dan masyarakat, Danramil meminta DLHK
(Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan) Karawang turun tangan dalam mengatasi masalah ini.

"Kami minta DLHK turun tangan dalam permasalahan ini, sediakan bantuan armada untuk mengangkut sampah dan eceng gondok yang sudah diangkat dari irigasi. Untuk pembersihan secara manual kami siap untuk pengerahan tenaga, dari masyarakat akan sekaligus dikoordinasikan dengan Camat dan Para Kades. Kegiatan ini bisa kita jadikan Karya Bakti non Program, tutur," tandas Danramil. (Uya)

Tags:

Berita Terkait

Related News