Sangat Boros Kouta Internet, Mungkin Sahabat Portal Belum Terapkan Tips And Trick Berikut

PORTALJABAR.NET-Kebanyakan aplikasi di perangkat Android selalu aktif diam-diam. Alhasil, aplikasi tersebut menghabiskan data kuota internet, yang tak jarang dikeluhkan para pengguna ponsel.

Karena, akses untuk berselancar di dunia maya dikatakan sebagai kebutuhan semua orang. Beragam kemudahan pun ditawarkan melalui jaringan internet, mulai dari hiburan, berbagai foto dan video, informasi serta berbelanja pun dapat dilakukan pada ponsel yang kamu miliki. Akan tetapi, semakin banyak yang kamu akses melalui ponsel, tentu saja akan semakin banyak stock data ataupun kuota yang dibutuhkan. 

Maka dari itu, Sahabat Portal harus paham bagaimana cara mengehemat kuota agar pengeluaran kamu tak membengkak hanya karena bermain internet saja. Yuk intip tips-tips di bawah ini dalam menghemat penggunaan kouta :

1. Pakai Browser Yang Hemat.

Browser bisa memboroskan kuota internet kamu, terutama browser bawaan dari ponsel pintar. Misalnya, Safari yang tersedia di iPhone atau Google Chrome di platform Android. Supaya kuota internet kamu bisa lebih hemat, coba gunakan browser yang lebih efisien karena mampu mengompresi website yang kamu kunjungi sehingga konsumsi data menjadi lebih sedikit. Bila memakai Google Chrome, kamu bisa mengaktifkan penghematan dengan menyentuh ikon tiga titik di kanan atas lalu pilih Settings, Bandwith, kemudian pilih Data Saver untuk mematikan data saving.

2. Gunakan Mode Offline.

Jika kamu biasa menggunakan aplikasi secara online, kamu bisa mengubahnya secara offline untuk penggunaannya. Beberapa aplikasi pun dapat kamu gunakan secara offline untuk menghemat kuota. Beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan secara offline ialah Youtube serta Google Maps. Kedua aplikasi dari Google ini, bisa kamu alihkan menjadi mode offline sehingga kamu tidak akan boros kuota. 

3. Matikan Koneksi Internet Saat Tidak Dibutuhkan.

Cara menghemat kuota yang cukup efektif ialah kamu hanya perlu menon-aktifkan koneksi internet apabila kamu tak menggunakannya. Apabila sedang ke kampus atau kantor, kamu dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia yakni dengan menggunakan wifi. Akan tetapi, apabila sudah berada di luar area yang terkena wifi ini pastikan untuk menonaktifkan penangkap sinyal wifi yang ada di smartphone kamu ya. Karena jika kamu tetap mengaktifkan penangkap sinyal wifi ini dan berada pada kondisi sinyal yang buruk, maka kuota kamu akan tersedot banyak, hal ini juga pasti membuat pemborosan kuota.

4. Atur Notifikasi Peringatan Penggunaan Data.

Cara menghemat kuota selanjutnya iala kamu bisa mengaktifkan peringatan penggunaan data pada ponsel kamu. Namun sebelumnya, kamu harus mengatur terlebih dahulu batas penggunaan data di ponsel kamu. Seberapa data yang akan kamu gunakan, serta berapa lama batasan tersebut pun dapat kamu atur sendiri pada pengaturan ponsel.

5. Nonaktifkan Auto Download.

Selanjutnya, kamu bisa me-nonaktifkan auto download pada aplikasi yang ada pada ponsel kamu. Tentu saja ini sangat menghemat kuota kamu, karena kamu tak perlu melakukan update aplikasi di waktu yang bersamaan dalam jumlah banyak. Semakin banyak pembaharuan aplikasi yang kamu lakukan, maka semakin banyak pula kuota yang tersedot untuk melakukan pembaharuan tersebut.

6. Manfaatkan Aplikasi Mailbox Untuk E-mail.

Memiliki aplikasi e-mail di ponsel memang praktis, namun keluar masuk e-mail nyatanya menyedot kuota internet. Lebih baik kamu memanfaatkan aplikasi Mailbox agar bisa menghemat kuota internet. Mailbox bisa kamu dapatkan baik di platform iOS maupun Android. Aplikasi Mailbox, bisa memungkinkan kamu menyimpan data yang tidak perlu disedot saat memakai email. Otomatis, konsumsi kuota internet kamu bisa lebih hemat.

7. Identifikasi dan Batasi Aplikasi.

Ada beberapa aplikasi yang tentu saja mampu untuk menyedot kuota lebih banyak dari aplikasi lainnya. Dalam hal ini, kamu perlu mengidentifikasi dan melihat aplikasi apa saja yang termasuk didalamnya. Maka, cara menghemat kuota yang bisa kamu lakukan ialah dengan menguninstall aplikasi-aplikasi yang banyak menyedot kuota.

Itulah cara-cara yang bisa Sahabat Portal terapkan dalam menghemat kuota internet, supaya kebutuhan berinternet tidak mengganggu kesehatan kantong. Kini, kamu bisa berinternet dengan nyaman tanpa khawatir terlalu cepat kehabisan paket data. Selamat berhemat ! (gadis).

Tags:

Berita Terkait

Related News