Komunitas Hoby Kayu Chapter Karawang, Ubah Limbah Jadi Karya Bernilai Ekonomis

KARAWANG - Komunitas yang satu ini beda dari biasanya. Ya, mereka adalah para pecinta kayu, merubah kayu biasa jadi sebuah karya bernilai ekonomis.

Adalah Komunitas Hoby Kayu Chapter Karawang. Anggotanya sudah mencapai 70 orang terdiri dari berbagai macam kalangan anak muda dan ragam profesi.

Beberapa waktu lalu, komunitas ini sukses menggelar acara "Kopdar" di salah satu tempat makan di Kecamatan Karawang Barat. Acara Kopdar itu jadi ajang bertukar pikiran sesama pecinta kayu yang ada di Karawang.

Andre dan Anton Monot (Panitia Kopdar)

 

Panitia Kopdar, Andre mengatakan, awal mula terbentuknya komunitas ini berawal dari iseng sesama pecinta kayu. Kemudian mereka sepakat untuk membentuk komunitas resmi hingga terbentuklah Hoby Kayu Chapter Karawang.

Seperti namanya, anggota komunitas ini merupakan orang-orang yang memiliki hobi berkreasi dengan kayu. Saat kumpul, mereka akan membicarakan soal furnitur apa yang bisa dibuat dari kayu, cara finishing, atau pengalaman terkait bisnis furnitur yang digeluti.

Meski begitu, bukan berarti para anggotanya adalah orang-orang yang ahli di bidang perkayuan. Profesi anggota komunitas ini sangat beragam. Mulai dari pegawai, mahasiswa, wiraswasta, hingga profesional bidang kayu (wood working).

Kopdar Hoby Kayu Chapter Karawang

 

"Kita membentuk komunitas ini karena memiliki kesamaan hobi yakni suka membuat produk kerajinan berbahan dasar kayu," ujar Andre, kepada portaljabar.net, di sela kegiatan.

Panitia lainnya, Anton Monot menjelaskan, bahan kayu yang biasa digunakan yaitu iayu palet. Kayu ini biasanya digunakan untuk menjaga barang agar tidak rusak. Kayu ini kemudian diolah menjadi furnitur-furnitur menarik. Seperti kotak tempat handphone, kursi duduk, rak buku, senjata mainan anak, dan lainnya.

"Mudah-mudahan kedepan kami semakin solid, kompak, dan terus berkarya dengan kayu," ungkap Anton. (ega)

Simak Videonya di bawah :


Video Reporter : Yopie Iskandar

Tags:

Berita Terkait

Related News