Harga Batubara Masih Melanjutkan Tren Negatifnya

EKONOMI-Harga Batu Bara masih melanjutkan tren negatif,pada Februari 2019 harga Batubara masih melanjutkan tren penurunan acuan HBA.
HBA Priode Februari dipatok 91,80 dollar AS per ton, menurun tipis dengan bulan lalu, 0,66 persen ketimbang bulan lalu sebesar 92,41 dollar AS per ton.

Tak hanya itu, katanya, untuk pasar India juga menurun lantaran mereka masih mempunyai cadangan batubara. "Salah satunya dipengaruhi menurunnya permintaan dari Tiongkok," katanya, Selasa (5/2/2019).

Direktur Eksekutif Asosiasi Perusahaan Batubara Indonesia, Ia memperkirakan HBA pada Maret 2019 mendatang juga tak jauh berbeda dengan bulan ini.
''Untuk nanti bulan Maret pun perkiraannya,masih dalam keadaan naik turun tidak akan jauh berbeda dari bulan Februari 2019.

Lanjut Hendra, Dalam kondisi harga Batubara yang sedang menurun ini,perusahaan tambang Batubara harus melkukan Efisiensi. Sementara untuk perusahaan yang memiliki produksi batubara kalori tinggi, mereka dapat meningkatkan produksi kalori tinggi sebagai strategi di tengah tren penurunan harga batubara ini, ia mengungkapkan harga batubara untuk kalori tinggi masih baik dan pasar atau permintaannya juga masih banyak.


Menurut Hendra, dengan penurunan harga Batubara ini akan berdampak pada perusahaan Batubara kalori rendah, "Harga batubara ekspor tidak menutupi biaya operasional yang meningkat," imbuhnya.
Ia menambahkan perusahaan Batubara rendah harus bisa mencermati pasar ekspor sebgai jalan alternatif pada tahun ini.

"Pelambatan ekonomi global dan China sangat berpengaruh terhadap prospek kinerja perusahaan batubara pada tahun ini," pungkasnya.

HBA tercatat terus mengalami penurunan, pada Agustus 2018 nilai HBA 107,83 dollar AS per ton, kemudian turun pada September menjadi 104,81 dollar AS per ton, terus turun pada Oktober menjadi US$ 100,89 per ton, tren berlanjut pada November 97,90 dollar AS per ton, dan Desember 92,51 dollar AS per ton.    (Deni)


 

 

Tags:

Berita Terkait

Related News