Petugas Temukan Alat Hisap Sabu, Belasan Napi Karawang Positif Narkoba

KARAWANG - Kadivpas Kanwil Kemenkumham Jabar, Abdul Harris, menyatakan menemukan Bong dan plastik bekas penggunaan sabu-sabu di dalam sel tahanan napi Kelas II A Karawang, saat digelar razia, Kamis (7/2/2019) malam. Belasan napi terbukti positif konsumsi narkoba saat digelar tes urin.

Malam itu sedikitnya 121 kamar tahanan digeledah Satgas Kamtib Divpas Kanwil Jabar bersama Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Karawang secara mendadak. 

Hasilnya, puluhan bahkan ratusan alat elektronik berupa ponsel berbagai jenis, dan alat pemasak nasi ditemukan petugas. Tak hanya itu, sejumlah senjata tajam, kipas angin, aquarium, hingga speaker aktif turut disita dari kamar para napi oleh petugas. 

Sesuai sasaran utama operasi penggeledahan malam itu, petugas menemukan Bong (alat hisap sabu-sabu) berikut plastik bekas bungkus sabu di sekitar area sel tahanan napi.

"Ada ditemukan bong dan plastik bekas sabu. Ada (indikasi penggunaan narkoba), bohong kalau tidak ada, tadi saja ada 11  atau 12 napi yang positif narkoba saat di tes urin. Dan sekarang masih berlangsung tesnya oleh BNNK,"  kata  Abdul Harris. 

Justru, kata Harris, kami juga sengaja menekan peredaran narkoba dengan menyita ratusan ponsel, yang terindikasi digunakan sebagai alat transaksi atau pengendalian narkoba didalam lapas. 

"Kabel dan alat elektronik lain ini yang menyebabkan tagihan listrik Lapas bengkak setiap bulannya. Apalagi ada 1200 an lebih penghuni kamar tahanan. Kan disini 90 persen kan tahanan kasus narkoba," katanya. 

Abdul Harris juga mengatakan, razia gabungan oleh petugas lapas ini digelar diseluruh Jawa Barat, hingga akhir Februari 2019 sesuai perintah Dirjen Lapas. (tar)

Tags:

Berita Terkait

Related News