Begini Modus Penyelundupan HP Dan Narkoba Masuk Ke Lapas Karawang, Kalapas Kecolongan

KARAWANG - Kadivpas Kanwil Kemenkumham Jabar, Abdul Harris ungkap modus penyelundupan ponsel dan narkoba ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) saat razia gabungan ke Lapas Karawang, Kamis (7/2/2019).

"Banyak cara penyelundupan barang terlarang masuk Lapas," ungkap Abdul Harris.

Barang berupa narkoba jenis sabu, biasanya dibawa pengunjung wanita masuk menuju lapas dengan modus membesuk. Sementara, petugas penjagaan seketat apapun terkadang terkecoh. 

"Sabu ini sangat rentan mudah masuk. Wanita biasanya yang bawa. Dia masukin ke makanan bahkan melalui pembalut. Perlu ketelitian petugas saat memeriksa mereka masuk Lapas," ujarnya.

Bahkan, kata Harris, dirinya pernah mendapati seorang wanita membawa narkoba yang disimpan dibalik lidah dan pembalut atau disembunyikan didalam area vital kewanitaan. Bahkan ada juga yang dimasukin ke dalam makanan melalui sate. 

"Pernah terjadi itu," tegasnya.

Di Lapas Karawang ini, lanjut Harris, ada alat detektor barang yang dibawa masuk pengunjung. Namun menurutnya masih saja petugas kecolongan.

"Okelah sabu sabu susah sekali terdeteksi. Tapi ini barang-barang elektronik seperti HP, magic com, kipas angin, kabel, gunting, itu kan harusnya bisa terdeteksi," sesalnya. 

Abdul Harris menegaskan, masuknya barang elektronik selain narkoba harus menjadi perhatian pihaknya. Bilamana memang Kalapasnya tidak mampu mengontrol, maka tak segan akan dievaluasi atau diganti. 

Abdul Harris kemudian menunjukkan buku tebal yang bagian dalamnya sudah dimodifikasi. Bagian tengah buku terdapat cowak kotak sebesar ponsel. 

"Ni, tuh HP ini disimpan disini. (Diselundupkan)," paparnya. 

Sementara, Kalapas Kelas II A Karawang, Iskandar, menyatakan akan melakukan penyelidikan terkait maraknya alat-alat terlarang yang didapati dari dalam sel para napi. 

"Bila ada petugas yang bermain dengan sengaja, maka saya akan tindak tegas, " kata Iskandar. 

Meski demikian, selama ini pihaknya selalu mengingatkan petugasnya agar teliti dan ketat dalam memeriksa keluar masuk pengunjung ke dalam Lapas. 

"Masih saja ada kecolongan," sesalnya. (tar)

Tags:

Berita Terkait

Related News