KPU Banjar Gelar Rakor Rangkaian Persiapan Pemilu 2019

BANJAR-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar gelar Rapat Koordinasi Penyusunan Daftar Pemilih Tambahan Tahap 2 (DPTb2) dan Daftar Pemilih Khusus Tahap 2 (DPK2), Senin (11/2/2019).

Rapat tersebut digelar bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Ruang Rapat Lantai 3 salah satu Toserba, Jl. Perintis Kemerdekaan Banjar.

Terciptanya daftar pemilih yang akurat, komprehensif, dan mutakhir adalah harapan seluruh rakyat tanpa kecuali untuk memastikan hak memilih konsitusional warga terpenuhi.

Penetapan daftar pemilih tersebut melalui proses yang panjang dan juga kolaborasi antara Pemerintah. Dalam hal ini adalah Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Dukcapil Kemendagri), sebagai pemegang otoritas data kependudukan dan KPU sebagai penyelenggara Pemilu. 

Kegiatan ini merupakan rangkaian persiapan Pemilu 2019 pada pemutakhiran data pemilih, untuk mengakomodir pemilih yang tidak masuk ke dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kota Banjar, Dani Danial Mukhlis, S.Pd.I, mengatakan, Pemilu 2019 merupakan hajat besar yang perlu persiapan matang.  

"Saya mengimbau kepada seluruh PPK dan PPS untuk senantiasa menjaga kesehatan dan menjaga etos kerja, serta menjaga dan merawat propesional," ungkap Dani, kepada Portaljabar.net.

Menurut Dani, terdapat hal krusial di Sprit PKPU 37 tahun 2018 Pasal 4, 6a pasal 35a tentang Pendataan Data Ruh Inkulusif Yang Memungkinkan KPU Memutakhirkan Data Pemilih.

Anggota komisioner KPU Kota Banjar Divisi Program dan Informasi, Mujiono, S. Pd, menuturkan, bahwa tahapan kegiatan ini berpedoman pada Keputusan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia nomor : 227/PL.02.1-kpt/01/KPU/I/2019 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan Daftar Pemilih Khusus (DPK), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), dan Perbaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum 2019.

"Saya berharap, hasil rapat koordinasi ini bisa menghasilkan output yang maksimal dari mulai rekapitulasi dan penetapan perbaikan, pencetakkan, pengumuman DPT, DPK dan DPTb," ucapnya.

Dengan begitu, masyarakat dapat mengetahui namanya sudah terdaftar atau belum di DPT dan Wilayah atau TPS pemilihan. Dan bisa secara langsung mengecek di aplikasi online android pada KPU RI Pemilih Pemilu 2019. (yos).

Tags:

Berita Terkait

Related News