Fenomena Langit Di Bulan Februari 2019

PORTALAJABAR.NET-14 Februari tepat pada hari Valentine atau yang disebut juga dengan hari kasih sayang akan ada dua Planet yang akan nampak berpasangan di langit, Planet Mars akan terkesan bersanding dengan Uranus.

Menurut penggiat astronomi, Avivah Yamani, posisinya akan agak ke Barat setelah Matahari terbenam. Mars dan Uranus dapat diamati berpasangan di langit dengan jarak 1,2 derajat di rasi Aries. Ketinggiannya di atas kepala pengamat. Kedua planet itu menurut Avivah bisa diamati sampai pukul 22.00 WIB. Tingkat kejelasan Mars hingga 1 magnitudo dan 5,8 magnitudo untuk Uranus.

"Uranus agak susah dilihat karena redup. Pengamat memerlukan teleskop untuk melihat pasangan planet ini," ujarnya.

Selain dari dua benda itu, ucapnya, masih ada lagi beberapa fenomena langit lainnya pada Februari ini. Mengutip dari laman Langit Selatan, trio planet yaitu Venus, Jupiter, dan Saturnus bisa diamati sepanjang Februari sebelum fajar menyingsing.

"25 Februari fenomena langit lainnya, yaitu, Planet Merkurius yang akan bergerak mengililingi matahari dalam lintasan elips akan berada di terdekat dengan Matahari," imbuhnya.

"Pada bulan ini juga dihelat dengan kempanye Langit Gelap yang akan berlangsung 26-28 Februari 2019," tambahnya.

Pengamat diajak untuk mengamati rasi bintang yang sudah ditentukan dari berbagai lokasi untuk mengenali bintang yang bisa dilihat di rasi tersebut. Berapa banyak bintang yang bisa dikenali akan menjadi indikasi tingkat polusi cahaya di suatu area.

Untuk bulan Februari ini, para pengamat di langit utara maupun selatan yang berada di ekuator akan melakukan pengamatan rasi Orion atau rasi Waluku untuk mengetahui seberapa banyak bintang di rasi tersebut yang tampak.

"Pengamat bisa menggunakan modul yang sudah disediakan untuk melakukan identifikasi untuk mengukur tingkat polusi cahaya di lokasinya," tutupnya. (Deni).


 

Tags:

Berita Terkait

Related News