Razia Lapas Ciamis, Petugas Temukan HP Hingga Bukti Transaksi Mobile Banking Milik Napi

CIAMIS-Polres Ciamis bersama Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kabupaten Ciamis gelar razia di Lapas Kelas II B Ciamis, yang merupakan kegiatan dari pihaknya untuk menertibkan berbagai pelanggaran yang terjadi, Selasa (12/2/2019).

Sebanyak 22 kamar diperiksa termasuk Blok Wanita (Blok A) dan Blok Isolasi (Blok B). Selain itu, sejumlah Narapidana dilakukan tes urine.

Petugas juga mengumpulkan barang bukti berupa 4 buah handphone android, 2 buah handphone jadul, 24 buah charger handphone, 1 buah modem, serta 4 buah simcard yang ditemukan terpisah.

Selain itu, petugas juga menemukan alat transaksi Mobile Banking yang selanjutnya akan didalami oleh Kalapas terkait kepemilikannya. 

Kepala BNNK Ciamis, AKBP Yaya Satyanagara, menuturkan, bahwa razia kali ini diprioritaskan untuk warga binaan terpidana kasus narkoba.

"Kebetulan di lapas ini ada kiriman warga binaan dari luar Ciamis. Namun, kami tidak akan pandang bulu yakni termasuk warga binaan di Blok Isolasi ini yang harus kita waspadai," terangnya.

Sementara itu, Kepala Lapas Ciamis Kelas II B, Fajar Nur Cahyono, mengucapkan apresianya atas terselenggaranya giat kolaborasi dan sinergitas antara BNNK kabupaten Ciamis bersama Polres Ciamis dalam hal ini Sat Narkoba.

"Upaya ini merupakan program upaya Pemerintah Dirjen Permasyarakatan di bawah Kementerian Hukum dan Ham. Dan kami sampai bulan April, di dikler harus bebas dari handphone," ungkap Fajar, saat diwawancarai.

Fajar juga menjelaskan, bahwa petugas selama dua minggu ini melakukan pemeriksaan secara terus-menerus secara acak tidak hanya parsial, termasuk langkah-langkah penggeledahan di pintu utama (P2U).

"Kami menempatkan pejabat struktural di pintu utama pada pagi, siang dan malam. Yang seharusnya mereka hanya mengontrol saja, tapi kami berikan intruksi untuk membackup petugas pintu utama untuk menggeledah siapapun yang akan masuk," tandasnya. 

Fajar juga menuturkan, bahwasamnya seluruh jajaran Lapas Kelas II B Ciamis berkomitmen menyatakan perang melawan narkoba dan siap di evaluasi. (yos).

Tags:

Berita Terkait

Related News