PAKAR, Wadah Positif Pegiat Audio Pro Di Karawang

KARAWANG - Di balik sebuah acara atau pertunjukan yang sukses, pasti ada orang-orang di balik layar yang menjadi kunci suksesnya acara tersebut. Satu diantaranya yang jarang menjadi perhatian adalah mereka penyedia jasa sewa sound/audio.

Nah.. kali ini Portal Jabar berkesempatan mengenal sebuah komunitas unik yaitu orang-orang yang bergelut di dunia audio mulai dari pekerja, operator, teknisi sampai pada para pemilik. Mereka menamakan diri kelompoknya dengan sebutan Paguyuban Audio Karawang (PAKAR).

Adalah Lalan Suharlan yang dipercaya menjadi Ketua PAKAR sejak dideklarasikan pada Nopember 2018 lalu. Saat itu, deklarasi dikemas dengan sebuah acara amal untuk membantu korban bencana tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Lalan Suharlan

 

Anggota komunitas ini menggelar
konser di depan Stadion Singaperbangsa. PAKAR menurunkan sebanyak 43 sound rental untuk mendukung audio panggung dan lighting di acara tersebut.

"Alhamdulilah, acara amal itu kami berhasil menyumbangkan uang Rp160 Juta yang disalurkan melalui Dinsos," ujar Lalan, kepada portaljabar.net, Minggu (24/02/2019).

Menurut Lalan, acara tersebut diprakarsai oleh PAKAR gabung dengan SPKB (Serikat Pekerja Seni Karawang Bersatu). Sejak itu, kata Lalan, seluruh anggota terus melakukan komunikasi dan hingga saat ini tercatat sudah ada sebanyak 120 anggota/pegiat audio pro yang menjadi anggota PAKAR.

"Visi dibentuknya paguyuban ini menjadikan para pegiat audio di Karawang yang bermartabat, kompeten dan profesional," ungkap Lalan.

Lalan menjelaskan, anggota PAKAR ini terdiri dari para penggiat audio, mulai dari operator hingga pemilik rental sound system dan studio. PAKAR adalah sebuah keluarga besar yang mengedepankan azas kekeluargaan, kekompakan, solidaritas, profesional serta iman dan taqwa didalamnya.

Sementara itu, untuk mempererat tali silaturahmi sesama anggota, PAKAR akan menggelar sebuah acara Workshop Audio pada 25 Februari 2019, bertempat di Lantai 5 Festive Walk, Karawang. Acara ini mengambil tema "Mengenal dan Memahami Mixer Digital".

"Kegiatan workshop ini terbuka untuk umum. Selain pegiat audio pro, juga komunitas seniman Insya Allah akan datang," kata Lalan.

Workshop Audio

 

Menurut Lalan, Workshop Audio ini digelar agar para anggota bisa mengenal dan memahami lalu membandingkan antara mixer analog yang selama ini dipakai, dengan mixer digital.

"Selanjutnya tentu kembali ke daya beli ownernya, sekaligus juga kita ingin menjelaskan bahwa teknologi memang harus diikuti tetapi harus bijaksana dalam penggunaannya. Kesempatan workshop diharapkan anggota punya pertimbangan yg bijak untuk menentukan pilihan," ucap Lalan.

Rencananya, Workshop ini akan dimulai pada pukul 16.00 WIB diawali dengan rapat anggota dilanjut acara inti pukul 19.00 WIB- selesai.

"Bagi member baru dipersilahkan masuk, cukup dengan membawa KTP dan nama bendera kelompok/group sound rentalnya. Khusus hobbies audio juga bisa bergabung sebagai praktisi audio," pungkas Lalan. (ega)

Tags:

Berita Terkait

Related News