BB Tour & Travel Lulus Sertifikasi Komite Akreditasi Nasional, Pelayanan Haji Dan Umroh Dijamin Mantap

KARAWANG- Setelah mendapatkan sertifikasi dari Komite Akreditasi Nasional yang, BB Tour & Travel (PT Bagja Bagea Balarea) menjamin kualitas pelayanan jamaah haji dan umroh yang mantap dan memuaskan.

Atas sertifikasi dari Komite Akreditasi Nasional dan  ditetapkan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini, pihak BB Tour & Travel menggelar syukuran di Rumah Makan Djaka, Karawang-Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Dalam kegiatan syukuran ini, BB Tour & Travel mengundang pihak Kementrian Agama Karawang, Imigrasi Karawang, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Karawang, serta beberapa perwakilan jamaahnya.

“Hari ini BB Tour & Travel mendapat sertifikasi Komite Akreditasi Nasional yang dilakukan oleh PT. Sucofindo. Ini bagian dari rasa syukur BB Tour yang sudah memenuhi standar sesuai yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” tutur Direktur BB Tour & Travel, H. Yayat Syariful Hidayat.

Dikatakannya, BB Tour & Travel berdiri sejak 2014, namun baru mendapatkan izin dari Kementrian Agama pada 2016. Sementara untuk 2019 ini, BB Tour & Travel sudah memenuhi semua aturan main yang sudah ditetapkan oleh Kementrian Agama, termasuk sertifikasi.

“Karena Maret 2019 adalah batas terakhir semua travel di Indonesia untuk memiliki sertifikasi. Ada lebih dari 900 travel se-Indonesia harus mampu menunjukan sertifikasi ini. Kalau tidak, maka izin PPU akan dicabut Kementrian Agama,” katanya.

Sambung Yayat, kelebihan dari BB Tour & Travel jika dibandingkan dengan perusahaan jasa travel lain, yaitu dari segi administratif perusahaannya sudah memenuhi semua persyaratan. Sehingga para jamaah tidak perlu takut atau khawatir ketika berangkat ke bandara ada sweeping dari Kementrian Agama, Imigrasi dan aparat gabungan.

“Karena kalau mereka tidak punya izin tidak boleh berangkat, akan tertunda keberangkatannya. Kalau BB Tour sudah memenuhi semua persyaratan,” timpalnya.

Kemudian dari segi pelayanan, setiap pemberangkatan jamaah dari BB Tour & Travel selalu ada tour leader yang mendampingi yang juga sudah tersertifikasi. Pasalnya, dari 38 item syarat sertifikasi yang didapatkannya, si pengantar jamaah harus memiliki sertifikat tour leader.

“Orang yang berangkat ke sana harus terakreditasi oleh Komite Akreditas Nasional. Kita sudah ada 5 orang yang sudah memiliki sertifikasi tour leader. Ini bagian dari jaminan bahwa Insya Allah dari sisi administrasi dan SDM kita kualitasnya dijamin,” timpalnya.

Adapun mengenai agenda jangka pendek BB Tour & Travel, Yayat kembali menjelaskan, jika 1 Maret 2019 pihaknya akan memberangkatkan 180 jama’ah yang T
tersebar dari berbagai kabupaten/kota. Diantaranya Karawang, Ciamis, Garut, Bandung, Jawa Tengah, sampai jamaah paling jauh dari Sulawesi Tenggara.

Ditegaskan Yayat, BB Tour & Travel sendiri merupakan kantor pusat perusahaan jasa travelnya (bukan kantor cabang). 
Sementara beberapa cabang di kabupaten/kota lain sedang dalam proses administrasi untuk mendapatkan SK dari kantor wilayah provinsi setempat, semisal kantor cabang di Kabupaten Garut.

“Yang lainnya seperti di Bali, Medan, Sulawesi Tenggara, Ciamis, Tasik sedang berproses. Akta notarisnya sudah keluar sebagai cabang, semuanya sedang berproses untuk mendapatkan SK dari Kementrian Agama Provinsi,” paparnya.

Untuk harga yang ditawarkan, Yayat menjamin telah memenuhi batas referensi yang sudah ditentukan oleh Kementrian Agama. 

“Kita tidak pernah bermain menurunkan dan menaikan harga di bawah belasan juta. Tetapi kalaupun ada uang lebih yang diberikan jamaah, maka akan kita kembalikan dalam bentuk layanan yang lebih. Misal yang tadinya hotel bintang tiga bisa jadi bintang empat dan begitupun seterusnya,” katanya.

“Karena niatan kita semata-mata melayani para jamaah. Insya Allah harga lebih kompetitif, bahkan bisa lebih bagus punya kita dari fasilitas dan pelayanan yang diberikan kepada para jamaah,” pungkas Yayat.

 Sementara itu, Perwakilan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Karawang, Ibu Nina berharap, agar langkah sertifikasi yang dilakukan BB Tour & Travel ini juga diikuti oleh semua perusahaan jasa travel haji dan umroh lainnya, khususnya di Kabupaten Karawang. Karena yang diketahuinya, saat ini baru ada 4 perusahaan jasa travel haji dan umroh di Karawang yang baru mendapatkan sertifikasi. (Uya)

Tags:

Berita Terkait

Related News