YRBK Saba Komunitas Teras Senja

CIAMIS - Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK) saba Komunitas Literasi Teras Senja, Desa Ciulu Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis. YRBK terus meningkatkan gerakan Literasi kepada seluruh lapisan masyarakat. Tidak hanya di wilayah Kota Banjar saja melainkan ke wilayah daerah tetangga, salah satunya ke wilayah Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis.

Safari Literasi Edisi ke 83 Sabtu Sore sekitar jam 16.00 waktu setempat  YRBK kunjungi Sekertariat Komunitas Literasi Teras Senja di daerah Desa Ciulu Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis.

Pendiri YRBK, Sofian Munawar mengungkapkan bahwa Safari Literasi ini merupakan silaturahmi dengan pegiat literasi Muda Komunitas Teras Senja sebagai pemantik agar tetap konsisten dalam mengkampanyekan dan membudayakan Literasi di kalangan masyarakat.

"Merupakan hak setiap orang untuk belajar sepanjang hayat. Dengan meningkatkan kemampuan literasi masing-masing individu diharapkan dapat memberdayakan dan meningkatkan kualitas hidup baik itu secara individu, keluarga maupun dalam masyarakat". Ucap Sofyan saat memberikan masukannya kepada pegiat literasi Komunitas Teras Senja

Sofyan juga mengungkapkan Secara luas, sifat litersi yang memiliki “multiple Effect” dapat membantu pembangunan berkelanjutan, seperti memberantas kemiskinan, mengurangi angka kematian, pertumbuhan penduduk, dan lain sebagainya.

Sementara itu pegiat muda Literasi Komunitas Teras Senja, Ali Awalu Ramadhan mengungkapkan bahwa Komunitas Teras Senja terbentuk berawal dari kegelisahan muda mudi di wilayah Kecamatan Banjarsari terhadap minat baca masyarakat.

"Awalnya kita berkumpul di kopi dan berdiskusi soal keresahan khususnya dalam minat baca masyarakat. Kemudian kami sedikit bergeser untuk lebih fokus dalam bidang literasi dan membuat komunitas Teras Senja ini" tutur Ari saat di wawancarai Portaljabar.net  

Komunitas yang berdiri sejak tanggal 14 September 2019 ini menghimpun muda mudi dalam mengkampanyekan dan mendorong masyarakat untuk meningkatkan minat baca. 

"Saya dan kawan kawan beserta para Agnia yang menghibahkan tempat dan Buku buat perpustakaan kecil sebagai wahana untuk membaca. Dan setiap sore kita gelar lapak di Alun-alun Banjarsari bersama aktifis Pemuda dan Karangtaruana," ucap Ali.

Ali juga berharap Kepada para donatur ataupun Agnia dan Pemerintah setempat khususnya Pemerintah Kabupaten Ciamis untuk turut membantu dalam peningkatan mutu dan kualitas serta Fasilitas penunjang demi tewujudnya cita cita  mencerdaskan anak bangsa melalui Literasi.

"Saya berharap uluran tangan dan bantuan Pemerintah dalam hal ini. Karena fasilitas tempatpun kami masih meminjam dari warga dan Buku bukupun masih banyak kekurangan," ungkap Ari.

Safari Literasi Edisi ke 83 YRBK inipun di tutup dengan Foto bersama dan Penyerhan Hibah buku bacaan untuk Komunitas Teras Senja sebagai bentuk kepedulian dan  motivasi YRBK kepada Para pegiat Literasi. (Yos)

Tags:

Berita Terkait

Related News