Mengenal KDS, Mereka Yang Sukarela Membantu Pengobatan Kaum Gay Penderita HIV/AIDS

KARAWANG- Adanya ratusan kaum penyuka seks lewat dubur atau kaum gay yang terkena penyakit HIV/AIDS di Karawang, tentunya menjadi beban bagi Pemerintah Daerah terutama dalam membiayai pengobatan mereka.

Selain membiayai pengobatan kaum gay penderita HIV/AIDS, Pemerintah Daerah melalui Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Karawang mengerahkan puluhan relawan yang dinamakan KDS (Kelompok Dampingan Sebaya) untuk memfasilitasi pengobatan para penderita.

Menurut Anggota KPAD Karawang, Awan Gunawan, puluhan KDS ini bertugas membantu dan memperlancar pengobatan para kaum gay penderita HIV/AIDS.

"Mereka memfasilitasi pengobatan kaum gay yang terkena HIV/AIDS," ujar Awan kepada Portaljabar.net, Kamis, (07/03/2019).

Apalagi lanjutnya diantara relawan KDS ini ada juga yang berstatus penderita HIV/AIDS sehingga pendampingan ini bisa lebih efektif.

"Beberapa KDS juga berstatus ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS), sehingga bisa efektif dalam bertugas karena bisa menularkan pengalamannya kepada penderita HIV/AIDS," ujarnya.

Awan mengungkapkan, puluhan Relawan KDS yang tergabung dalam dua kelompok yaitu KDS Harapan Hati dan Sahabat Sejati ini selain bertugas secara teknis dalam pendampingan kesehatan juga memberikan motivasi dan semangat kepada penderita melalui acara ghatering bersama yang dilakukan setiap beberapa bulan sekali. 

"KDS ini juga bertugas melakukan terapi kesehatan tanpa obat, seperti kumpul bersama sesama penderita HIV/AIDS," tandasnya. (Uya)
 

Tags:

Berita Terkait

Related News