E-Warong Desa Sumurgede Pungli Setiap Warga Penerima Beras BPNT 5 Ribu Rupiah

KARAWANG- Ikut bermain di air keruh dalam program Bansos pemerintah merupakan penyakit laten yang menjangkiti masyarakat dari dulu hingga sekarang.

Entah itu menggelapkan Bansos haknya masyarakat, atau melakukan pungli kepada masyarakat penerima Bansos. Kejadian tersebut kali ini terjadi di Desa Sumurgede, Kecamatan Cilamaya Kulon, Karawang.

Oknum pemilik e-warong yang menyalurkan beras Bansos BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) diduga melakukan pungli kepada warga penerima bantuan sebesar 5 ribu rupiah per orang. "Kita disuruh Rusja pemilik e-warong bayar goceng (lima ribu rupiah) per orang katanya buat uang kas dana kematian warga," ujar AS, warga yang mengaku dipungli Rusja, kepada Portaljabar.net, Kamis, (07/03/2019).

Menurut AS, pungutan ini dilakukan Rusja tanpa ada musyawarah terlebih dahulu. "Biasanya ga ada pungutan kok kalau mau ambil beras, ini malah dipungut gak ada musyawarah pula," ucapnya.

Sementara itu Anggota BPD (Badan Permusyawaratan Desa) Sumurgede, Enjek mengaku sudah menegur terkait masalah ini langsung ke Rusja. Namun setelah ditegur pihak Rusja malah menyerang balik dirinya.

"Saya diserang istrinya Rusja dan anaknya, padahal kan saya hanya menegur saja," ujar Enjek.

Menyikapi hal ini, TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan) Cilamaya Kulon, selaku pendamping program BPNT, Badrudin ikut bersuara. Badrudin membantah semua tudingan warga dan BPD Sumurgede atas kasus pungli ini.

"Kejadiannya bukan di e-warong tapi mantan pejabat desa dulu, ketika ada laporan begitu saya langsung telpon warungnya katanya bukan e-warong warung tapi oleh aparat desa dulu," ujar Badrudin.

Badrudin mengakui pada hari Rabu malam (07/03/2019) mendapat laporan dugaan pungli ini dan pagi harinya pergi ke kantor desa dan ketemu dengan pemilik warung.
Setelah ditanyakan oleh Badrudin, pemilik warung tetap membantah adanya pungli di e-warongnya.

Sementara itu Rusja, pemilik e-warong yang juga mantan anggota LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) Desa Sumurgede hingga berita ini dipublikasikan belum berhasil dikonfirmasi. (Uya)

 

Tags:

Berita Terkait

Related News