Berikut Hasil Rakernas IWO Tahun 2019 Di Depok

DEPOK- Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Wartawan Online (IWO) yang dilaksanakan di Shekinah Village, Jl. Pulo Mangga Nomir 48, Grogol, Limo, Kota Depok, Jawa Barat dari 11 hingga 12 Maret 2019 menghasilkan beberapa kesepakatan bersama.

Ketua Umum IWO Jodhi Yudhono mengatakan beberapa poin  kesepakatan Rakernas IWO ini diantaranya adalah rencana kerja jangka pendek, jangka menengah dan jangan panjang dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota IWO.

Adapun rincian kesepakatan Rakernas IWO ini adalah pembenahan organisasi, mendaftar sebagai konstituen Dewan Pers, dan mengadakan berbagai pelatihan kepada anggota IWO di seluruh Indonesia. 

Diharapkan Jodhi, seluruh anggota IWO akan tetap menjaga independensi kewartawanannya.
Artinya tidak punya hutang budi kepada pihak mana pun yang akan mendikte sambil terus menjaga kemerdekaan pikiran dan tulisan kita sesuai dengan nurani demi kepentingan masyarakat.

"Melalui Rakernas pertama ini kita kembali membuktikan, bahwa tanpa bersandar pada siapa pun kita mampu melaksanakan pekerjaan besar, sebagaimana saat kita menyelenggarakan Musyawarah Bersama (Mubes) pada 8 – 9 September tahun 2017 di Jakarta,” ujarnya.

Selain itu dalam Rakernas pertama IWO ini mengetengahkan Masa Depan Wartawan di Era Industri 4.0 dengan harapan dapat membuka cakrawala berpikir wartawan online di seluruh Indonesia, terutama wartawan yang telah tergabung sebagai anggota IWO.

Terakhir Jodhi juga menjelaskan saat ini wartawan online dituntut harus serba bisa. "Mau tidak mau seorang wartawan harus kreatif dan pandai membaca zaman. Sebab wartawan tidak saja hanya mampu melakukan dua pekerjaan jurnalistik yakni hanya menulis dan memotret. Tapi juga pandai mengambil video dan mengeditnya kemudian menyajikannya kepada publik," jelasnya. (Uya)

Tags:

Berita Terkait

Related News