Jelang Pensiun, Personil Polda Jawa Barat Dilatih Jadi Wirausaha

BANDUNG- Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si., memberikan Pembekalan dan Pelatihan Keterampilan Wirausaha bagi personel Polda Jawa Barat yang memasuki masa pensiun di tahun 2019.

Pada kesempatan tersebut Kapolda mengatakan kegiatan ini, merupakan bentuk tanggung jawab Polri dalam mempersiapkan masa purna bhakti bagi para personil melalui pemberian berbagai materi seperti budidaya tanaman, budidaya ikan, budidaya ternak, pengelolaan hasil pertanian dan tehnik mesin pertanian serta motivasi pra purnabhakti, sehingga diharapkan para personil yang akan memasuki masa pensiun termotivasi untuk berwirausaha.

Lanjut Kapolda, bahwa  pelatihan ini  dilaksanakan guna mempersiapkan personil yang akan pensiun, terutama  pada aspek kesiapan mental dan aspek psikologis dalam menghadapi masa pensiun.

"Supaya personel Polda Jawa Barat yang mau pensiun bisa siap mental," jelas Kapolda.

Ditambahkan pula oleh Kapolda upaya untuk mengembangkan dan merintis aktivitas wirausaha bagi personilnya bertujuan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan anggota terutama sebagai bekal di masa pensiun, namun dengan tidak mengganggu pelaksanaan tugas sehari-hari.

Dengan Pelatihan wirausaha ini, diharapkan akan mengubah kebiasaan kerja sebagai karyawan, menjadi seorang individu yang bebas melakukan pilihan untuk mengisi masa pensiun.

"Hal tersebut dapat dilakukan secara mandiri, dengan melibatkan anggota keluarga. Kondisi tersebut diharapkan dapat memberikan kemudahan dan dapat dilakukan di lingkungan rumah serta menjadi aktifitas yang positif," ucapnya.

"Oleh karenanya, program wirausaha ini diprioritaskan bagi anggota yang akan memasuki masa pensiun, sehingga selain dapat memberikan peluang wirausaha untuk meningkatkan kesejahteraan anggota, juga diharapkan dapat menjadi kesibukan bagi anggota, setelah menjalani masa pensiun," ujarnya. (Uya)

Tags:

Berita Terkait

Related News