Cegah Informasi Hoax, Generasi Muda NU Gelar Kopi Darat Nasional

Jakarta – Generasi Muda Nahdlatul Ulama menggelar Kopi Darat Nasional (kodratnas) untuk menyikapi maraknya informasi palsu atau hoax yang banyak muncul di media sosial akhir-akhir ini, acara tersebut digelar di kantor PBNU, jalan Kramat raya nomor 164 Senen, Jakarta Pusat, Minggu (24/3/2019).

Untuk menyamakan persepsi menangkal hoax, kodratnas diikuti Generasi Muda NU dari 34 Provinsi dan 500 Kabupaten/Kota.

Dalam kegiatan itu hadir Rois Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Manarul Hidayah, Ketua Harian PBNU KH Robkin Emhas dan jajaran Penasehat GMNU, diantaranya KH Raden Syarif Rahmat, KH Soleh Mahmud (ust Solmed), Budi Kasan Besari (Gus Tunggak), KH Ma’ruf Khozin, pengurus GMNU Pusat Ust Zain As-Syuja’i dan GMNU Sumut Ust Muzani Al Farabi.

“Kodratnas Generasi muda NU ini adalah yang pertama di tahun 2019 jelang pelaksanaan Pileg dan Pilpres.”

Budi Kasan Besari (Gus Tunggak) menyampaikan, Kegiatan ini sebagai bentuk sosialisasi dan pemahaman agar masyarakat bisa menilai tentang berita bohong yang tersebar di media sosial.

“Ada tiga hal yang akan dilakukan untuk menyikapi informasi yang beredar di media sosial yang tidak jelas sumbernya, yakni meng-counter berita hoax, konsolidasi netizen NU, serta menjadikan medsos sebagai sarana edukatif dan berakhlakul karimah,” ucap Budi kepada wartawan.

Masih kata Budi, menurutnya, kegiatan ini atas inisiatif sejumlah kalangan muda NU yang telah berkecimpung di berbagai profesi.

“Saya ingin Generasi Muda NU merapatkan barisan dan samina Wa ‘atokna kepada kyai Ma’ruf Amin,” ucapnya. (wnd)

Tags:

Berita Terkait

Related News