Jelang Pemilu Komisi I DPR RI Dan Kominfo Makin Gencar Tangkal Berita Hoax

CIREBON - Mendekati pemilu 2019 Komisi I DPR RI bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) semakin gencar menggelar Forum Diskusi Publik “Waspada Berita Hoax di Tahun 2019”, di ballroom Hotel Apita, Cirebon, Sabtu (30/3/2019).

Anggota Komisi I DPR RI, Dave Akbarsyah Fikarno Laksono, mengatakan forum diskusi publik waspada berita hoax ini untuk mengingatkan masyarakat agar tidak terpedaya oleh berita hoax yang semakin tinggi ketersebaranya melalui media sosial. 

Berita atau informasi yang tersebar tidak seluruhnya benar, apalagi jelang Pileg dan Pilpres 2019. Berita hoaks berpotensi menimbulkan kekacauan.

“Periksa dulu sumbernya lalu cek lagi kebenarannya. Terlebih pada momen Pemilu 2019, masyarakat jangan terkecoh oleh praktik-praktik politik yang menyesatkan,” tegasnya.

Direktur Informasi dan Komunikasi Polhukam Kominfo, Bambang Gunawan, mengungkapkan, bentuk hoax Contohnya,ada yang berisi guyonan atau candaan biasa. Hoax  seperti itu tidak perlu ditanggapi serius. Namun, hoax juga ada yang berpotensi memecah-belah bangsa. Hoax seperti itu harus disikapi secara bijak.

“Jika menerima hoax, hendaknya kita cerdas. Telaah dulu kebenaran sumbernya. Jika ternyata benar dan bersifat positif boleh dishare. Apabika tidak benar, negatif apalagi fitnah, jangan dibagikan,” terangnya.

Pada tahun politik ini, kata Bambang cukup banyak berita atau informasi yang bersifat hoax.

“Kominfo proaktif mendeteksi dan menindaklanjuti hoax. Kominfo juga menerima pengaduan masyarakat,” tandasnya.(Jhn)

Tags:

Berita Terkait

Related News