Pendi Dan Budianto Berebut Tahta Ketua DPRD Karawang, Pengamat : Pendi Lebih Kapable

KARAWANG-Dengan mengantongi sembilan kursi DPRD Karawang, Partai Demokrat Karawang menjadi partai pemenang Pemilu Serentak 2019 di Kabupaten Karawang dan tentunya tahta Ketua DPRD Karawang pun menjadi miliknya. Kader Demokrat Karawang Pendi Anwar dan Budianto disebut-sebut sedang memperebutkan tahta tersebut.

Advokat yang juga pengamat politik, Asep Agustian, menilai, Pendi Anwar dan Budianto merupakan dua kader terbaik yang dimiliki Partai Demokrat Karawang yang pantas untuk duduk di tahta Ketua DPRD Karawang.

"Sebagai politikus mereka berdua miliki jam terbang yang cukup untuk duduk sebagai Ketua DPRD Karawang," kata pria yang akrab disapa Asep Kuncir (Askun) ini kepada Portaljabar.net, Jumat (10/5/2019).

Sosok Pendi dan Budianto, kata Askun, sama-sama pernah menduduki kursi DPRD Karawang sejak 2009. Di periode 2014-2019 yang akan berakhir, Budianto menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Karawang, sementara Pendi Anwar menjabat sebagai Ketua Komisi IV dan Ketua Fraksi Demokrat DPRD Karawang serta Sekretaris DPC Demokrat Karawang.

"Namun sosok Pendi lebih kapable (mampu-red) duduk di tahta Ketua DPRD Karawang," ujar Politikus Partai Berkarya ini.

Pasalnya, sambungnya, sosok Pendi Anwar tampak lebih mampu menjalin komunikasi baik secara internal dan eksternal DPRD Karawang.

"Di samping ia juga menguasai dengan baik perencanaan anggaran," timpalnya.

Ketua Bappilu Demokrat, Jaenal Arifin, mengatakan, meski Budianto pada Pemilu 2019 meraup suara terbanyak di antara caleg Demokrat lainnya, itu tidak menjadikannya secara otomatis sebagai Ketua DPRD Karawang.

"Dengan sosoknya yang sudah lama duduk di DPRD Karawang dan miliki jaringan kuat di grass root, perolehan suaranya tidak dianggap fantastis. Justru dianggap yang fantastis itu sosok new comer (pendatang baru-red) yaitu Khoerudin dan Deddy yang meraih suara cukup besar juga yang selisih suaranya tidak begitu jauh dengan Budianto," katanya.

Menurut Jaenal, pihaknya sedang menggodok siapa sosok kader Demokrat yang layak duduk sebagai Ketua DPRD Karawang periode 2019-2024.

"Nama Pendi Anwar dan Budianto tentunya masuk dalam nominasi Ketua DPRD Karawang, tunggu saja," pungkasnya. (tif).
 

Tags:

Berita Terkait

Related News