Sudahkah Kondisi Badan Terjaga Selama Berpuasa?

PORTALJABAR.NET-Selama bulan Ramadhan, umat Muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk berpuasa. Mereka harus menahan lapar dan haus dari subuh hingga maghrib selama sebulan penuh.

Agar aktivitas harian tak terganggu saat puasa, sangat penting bagi para Sahabat Portal untuk menjaga energi dan kesehatan tubuh. Perhatikanlah lima tips berikut ini :

1. Tetap penuhi cairan tubuh

Minum air dalam jumlah yang cukup saat malam hari sangat penting selama Ramadhan, apalagi saat kita berpuasa di tengah cuaca yang panas. Setidaknya, delapan gelas air di antara waktu berbuka puasa dan sahur. Hindari minuman berkafein karena bersifat diuretik dan meningkatkan kehilangan air melalui urin. Selain itu, minuman bersoda juga bukan sumber hidrasi yang baik karena dapat memperlambat proses pencernaan. Jadi, Sahabat Portal juga bisa menambahkan elektrolit ke dalam air karena dapat membantu mengisi kembali cadangan vitamin tubuh.

2. Hindari gorengan 

Mengonsumsi gorengan setelah seharian penuh berpuasa memang sangat nikmat. Namun, mengonsumsi makanan yang tidak bergizi dapat menyebabkan kembung dan kelelahan pada hari berikutnya. Saat berpuasa, umumnya kita hanya memiliki waktu singkat untuk mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan protein. Jadi, alangkah baiknya jika Sahabat Portal mengonsumsi makanan yang memiliki nilai gizi lebih tinggi saat sahur dan berbuka.

3. Lakukan olahraga ringan 

Melakukan olahraga berat saat berpuasa memang tak disarankan. Tapi, tak ada salahya kita berolahraga ringan demi menjaga kesehatan tubuh. Kita harus mencoba mempertahankan gaya hidup aktif jika memungkinkan dengan melakukan olahraga ringan seperti berjalan, peregangan seluruh tubuh, yoga atau meditasi. Olahraga ringan sangat dianjurkan karena dapat membantu menjaga fungsi tubuh dan sirkulasi darah.

4. Perhatikan asupan garam 

Mengonsumsi terlalu banyak garam saat malam hari dapat memiliki konsekuensi yang merugikan pada hari berikutnya. Asupan garam yang tinggi, cenderung meningkatkan rasa haus yang tentunya akan mengganggu puasa. Bagi yang menjalani ibadah puasa, sebaiknya perhatikan asupan garam. Perhatikan jenis garam apa yang dikonsumsi, apakah dalam bentuk garam meja yang ditaburkan pada makanan, atau sebagai bahan yang dicampur ke dalam hidangan yang dimasak.

5. Lakukan kebiasaan sehat 

Menahan diri dari mengonsumsi makanan atau minuman apa pun saat berpuasa bisa menjadi kesempatan bagus untuk berlatih menahan diri dan menjalankan kebiasaan sehat. Ramadhan bukan hanya tentang puasa, tetapi juga tentang pengendalian diri dan peningkatan diri para Sahabat Portal. Rokok dan shisha tentu sangat buruk bagi kesehatan karena memiliki efek merusak pada tubuh, baik secara fisik maupun mental. Nah Sahabat Portal, Ramadhan ini adalah waktu yang tepat untuk melatih diri untuk menghentikan gaya hidup merokok. (gadis).

Tags:

Berita Terkait

Related News