Prabowo Tolak Hasil Pemilu, KPU Angkat Bicara

JAKARTA - Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyatakan pihaknya menolak penghitungan suara Pemilu 2019 oleh KPU. Berdasarkan hal tersebut, Komsioner KPU Ilham Saputra angkat bicara. Ia mempersilahkan saja jika ada yang tidak menerima hasil pemilu.

"Enggak ada masalah. KPU sampai saat ini membuka diri terhadap hal hal yang diindikasikan penyelenggara pemilu itu melakukan kecurangan, silakan saja dilaporkan," ujarnya di Gedung KPU RI, Menteng, Jakarta, Selasa (14/5).

Ilham kemudian mengatakan jika ada laporan soal indikasi kecurangan, bisa dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Pelaporan kepada institusi yang berwenang tersebut, katanya, sudah diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

"Sudah diamanatkan untuk menindaklanjuti dugaan kecurangan tersebut. Biar Bawaslu yang memproses. Silakan saja dilaporkan. ada yang sudah ditindaklanjuti oleh Gakkumdu, ada yang juga sudah diberikan rekomendasi pemungutan suara ulang oleh Bawaslu," jelas Ilham.

Sebelumnya, Prabowo mengisyaratkan dirinya tidak akan menerima hasil Pilpres kali ini. Ia mengaku dirinya tidak akan menerima hasil selama dalam prosesnya dipenuhi dengan kecurangan.

"Saya akan menolak hasil perhitungan yang curang. Kami tidak bisa menerima ketidakadilan dan ketidakjujuran," kata Prabowo ketika pidatonya di Grand Sahid Jaya, Jakarta, (14/05/2019).(*)

Tags:

Berita Terkait

Related News