Semerawutnya TPU Perumahan Di Desa Cengkong Bikin Bingung Warga

KARAWANG-Desa Cengkong, Kecamatan Purwasari, merupakan desa yang dipenuhi beberapa perumahan yang sudah berdiri maupun yang akan berdiri merupakan dan desa itu salah satu indikator pesatnya kemajuan Kabupaten Karawang dewasa ini. 

Namun sayang pesatnya perkembangan Desa Cengkong dibidang pengembangan perumahan tidak sebanding dengan tertatanya fasilitas perumahan yaitu Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang seharusnya disediakan oleh developer perumahan.

Menurut tokoh masyarakat setempat, Jiwa, mengaku sangat prihatin dengan semrawutnya penataan TPU di desanya. Karena kesemrawutan ini membuat kegaduhan yang tidak perlu di masyarakat itu sendiri. 

“Saya perlu bilang bahwa Perumahan yang ada di Desa Cengkong masih semrawut, akibatnya bikin gaduh di masyarakat. Harusnya pihak Kepala Desa dan BPD tanggap dengan masalah ini,” ujar Jiwa kepada Portaljabar.net, Rabu (15/5/2019).

Lanjutnya, keberadaan TPU yang semrawut juga ditambah dengan sebagian besar lokasi yang berada di luar Desa Cengkong sehingga membuat masyarakat terutama yang berada di Perumahan kerepotan bahkan ada yang tidak mengetahui sama sekali lokasi TPU yang disediakan oleh developer perumahan. 

“70 persen lokasi TPU yang merupakan kewajiban developer perumahan berada di luar Cengkong. Seharusnya Kepala Desa dan BPD Cengkong bisa tanggap dengan adanya permasalahan seperti ini di masyarakat. Namun nyatanya sejak kepemimpinan Kepala Desa Santo yang sudah memasuki  periode ketiga  ini tidak bisa menyelesaikan permasalah TPU di Cengkong,” ujarnya.

Karena warga Perumahan tidak mengetahui secara pasti lokasi TPU yang seharusnya sudah disediakan mengakibatkan pilihan penguburan di TPU lingkungan yang sudah berdiri sejak lama jika ada yang meninggal dunia.

Jiwa menyarankan agar permasalahan TPU ini tidak berlarut-larut, agar Kepala Desa bersama BPD membuat Peraturan Desa yang khusus mengatur masalah ini. Sehingga dengan tertibnya aturan bisa menjadi langkah awal agar permasalahan TPU ini bisa sedikit demi sedikit terselesaikan. 

Sementara itu pihak Pemerintah Desa Cengkong maupun BPD Cengkong belum bisa dimintai keterangannya terkait permasalahan diatas hingga berita ini dipublikasikan. (uya).
 

Tags:

Berita Terkait

Related News