IMA Bandung Desak Pemkot Bandung Masifkan Pelatihan Digital Marketing

BANDUNG, - Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) Chapter Bandung Lina Auliana mengimbau Pemerintah Kota Bandung untuk memperkuat daya saing para pelaku usaha kecil menengah (UKM). Salah satunya dengan menggalakan pelatihan pelatihan promosi dan pemasaran berbasis digital marketing.

"Saat ini serba digital, sehingga para pelaku UKM pun perlu melek informasi tekhnologi sehingga memiliki daya saing yang kuat," jelas Lina kepada wartawan, Rabu (22/5).

Diungkapkannya, saat ini tekhnologi informasi berkembang sangat pesat. Bahkan masyarakat pun bisa mendapatkan berbagai informasi melalui gadget dan aplikasi media sosial.

"Tentunya itu merupakan kemudahan bagi UKM untuk mempromosikan dan memasarkan produknya. Apalagi dengan adanya aplikasi media sosial seperti facebook, IG dan lainnya, itu memudahkan UKM untuk mempromosikan produknya," katanya.

Namun demikian lanjutnya aplikasi media sosial tersebut harus diimplementasikan melalui konsep digital marketing. Sehingga promosi dan pemasaran produk pun bisa lebih tertarget  masif dan optimal.

"Promosi dengan digital marketing sangat penting bagi pelaku UKM. Sehingga UKM perlu mempelajari digital marketing dengan baik," katanya.

Namun demikian, lanjutnya, untuk bisa mempelajari digital marketing tidaklah mudah. Terlebih butuh biaya pelatihan yang cukup besar. Sehingga untuk mengatasi hal tersebut perlu peran serta pemerintah untuk menggalakan pelatihan pelatihan berbasis digital marketing.

"Pemerintah daerah perlu menggalakan pelatihan digital marketing untuk membantu para pelaku UKM agar bisa naik kelas. Ini sangat penting agar para pelaku UKM memiliki daya saing yang kuat," jelas Lina.

Tidak hanya pemerintah saja, lanjutnya, perusahaan swasta,  BUMD dan BUMN pun perlu membantu juga memfasilitasi UKM agar bisa mengikuti pelatihan digital marketing. Terutama melalui program CSR dan program kemitraan bina lingkungan (PKBL).

"Semua pihak perlu mendorong pelatihan digital marketing. Apalagi di BUMN dan BUMD itu ada program UKM binaan. Karena secara tidak langsung hal tersebut bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya. (ags)

Tags:

Berita Terkait

Related News