Pertama Di Indonesia, Telkom University Resmikan Command Center Dan Halo Rektor

BANDUNG- Telkom University (Tel-U) sebagai perguruan tinggi yang memiliki luas 50 Ha dengan jumlah mahasiswa mencapai 30 ribuan. Sebanyak 7000 mahasiswa, menetap di asrama dan harus dilakukan pengawasan keamanan 24 jam selama 7 hari.

Melihat hal tersebut Telkom University meluncurkan Command Center Telkom University yang terletak di gedung L, baru-baru ini. Peresmian dilakukan langsung oleh Rektor Telkom University Prof. Adiwijaya.

Direktur Logistik dan Aset Tel-U Nurwijayadi mengatakan bahwa di Indonesia Tel-U merupakan kampus pertama yang menggunakan fasilitas ini. Diluncurkannya fasilitas system keamanan Tel-U terbaru saat ini adalah untuk meningkatkan keamanan dan kenyaman seluruh sivitas akademika Tel-U.

"Tentunya kami berharap agar 30 ribu mahasiswa, 1000 dosen dan staff bisa merasa aman dan nyaman beraktifitas dikampus ini. Saat ini kami telah install kurang lebih 115 CCTV dari target kami adalah 300 CCTV yang tersebar di seluruh Tel-U mulai dari area outdoor hingga ruang kelas dan ruang dosen.” ungkap Nurwijayadi kepada media.

Ia mengungkapkan, selain monitoring CCTV Nurwijayadi menjelaskan bahwa pihak logistic juga telah mengoprasikan 5 Panic Button yang tersebar di beberapa titik di Tel-U, serta call center 24 Jam yang langsung terhubung ke tim Command Center.

"Ada 5 titik Panic Button diantaranya ada di danau Tel-U, Gedung Tokong Nanas, diantara Fakultas Komunikasi dan Bisnis serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Business Center dan Student Center," ungkapnya.

Menurut dia, apabila ada hal yang urgent, civitas akademika cukup menekan panic button dan langsung terhubung dengan petugas melalui camera yang terdapat di lokasi panic button.

"Bisa juga menghubungi command center melalui call center 0811 2296 100 bisa whatsapp atau sms," jelasnya lagi.

Nurwijayadi menambahkan, kedepannya Command Center akan terus berkembang yakni akan diintegrasikan dengan smart parking guna menghitung dan mendata jumlah kendaraan yang masuk dan keluar di area Telkom University.

"Kedepannya, Command Center juga akan kami hubungkan dengan Smart Parking yang ada di area Tel-U sehingga apabila ada kendaraan yang salah parkir, lupa untuk mengunci pintu atau bahkan ada lampu kendaraan yang belum di matikan bisa kami hubungi langsung pemilik kendaraannya," paparnya.  

Rektor Telkom University Prof. Adiwiijaya mengungkapkan selain meresmikan Command Center, pihaknya juga meresmikan fasilitas baru untuk civitas akademika yakni aplikasi Hallo Rektor yang berbasis web.

Ia mengatakan bahwa aplikasi ini ditujukan untuk seluruh civitas akademika dimana baik mahasiswa, dosen ataupun staff bisa langsung memberikan aspirasinya baik keluhan, kritik maupun saran.

"Nantinya, seluruh civitas akademika bisa mengakses melalui SSO dan bisa menyampaikan apapun disana, cukup buka halorektor.telkomuniversity.ac.id nanti login dengan menggunakan SSO. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini seluruh sivitas akademika punya wadah untuk menuangkan aspirasi nya untuk kita sama-sama membangun Telkom University," pungkasnya. (nie/*)

 

Tags:

Berita Terkait

Related News