Tebar Toleransi Beragama, Begini Potret Seminar Kebangsaan Di Karawang

KARAWANG-Perkuat Persaudaraan Demi Indonesia Maju. Itulah tema yang diusung dalam Seminar Kebangsaan tepatnya di Gereja Katolik Kristus, Jl. Parahiyangan, Karawang. Sebanyak 6 tokoh agama dari lintas agama yang resmi di Indonesia, menjadi pemateri dalam seminar tersebut.

Acara seminar dimulai dengan sambutan Ketua Penyelenggara Bapak Timotius Dede Syarif Hidayat dan Pastor Markus Osc. Adapun Djaja S Sairin salah satu pemateri dalam acara ini, mencatat beberapa poin positif dari para pemateri lainnya yang berhasil dirangkum olehnya.

Menurut Djaja yang juga menjabat sebagai Sekretaris II FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Karawang, mencatat kesimpulan dari para pemateri yang intinya berpendapat sama, bahwa persaudaraan antar umat beragama adalah sangat penting. 

"Kita harus bangga menjadi bangsa yang besar, dengan ratusan suku bangsa yang berbeda-beda dan bermacam agama. Namun tetap bisa bersaudara ini yang patut kita syukuri sebagai bangsa Indonesia," ucap Djaja.

Lanjut Djaja, kesimpulan lain dari acara ini adalah bahwa dengan selesainya pesta demokrasi tanggal 17 April 2019 yaitu pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden merupakan titik balik untuk bersatu kembali setelah sebelumnya sempat terpecah belah. Karena perbedaan yang merupakan rahmat dari Tuhan tersebut, harus mejadi perekat persatuan dalam bingkai NKRI. 

Sementara itu, para pemateri dalam acara tersebut antara lain Asep Zaelani SAg MM (perwakilan Agama Islam), I Made Suwitha (Hindu), Djadja S Sairin (Kristen), Kayun SAg MM (Buddha), Wawan Kurniawan (Konghuchu) dan Yakobus Sutarno (Katholik).

Nampak hadir perwakilan dari semua agama dengan jumlah yang menghadiri diperkirakan mencapai 180 orang, salah satunya Perwakilan Kemenag Karawang, Perwakilan FKUB Karawang dan juga aparat TNI dan Polri. 

Terakhir selepas acara Seminar Kebangsaan selesai, panitia melaksanakan buka bersama yang disediakan bagi umat Islam yang melaksanakan ibadah puasa. (uya).

Baca Juga : Dandim 0604/Karawang Sebut Kunker Bisa Jalin Komunikasi Lebih Baik

Tags:

Berita Terkait

Related News