Besok, Kiai Ma'ruf Amin Akan Bersilaturahmi Dengan Tokoh Sumedang

BANDUNG,- Rukun Wargi Sumedang (RWS) akan menggelar acara Silaturahim dan Halal Bihalal Idul Fitri 1440 H di Gedung Negara Sumedang, Kabupaten Sumedang, Rabu (12/6/2019) besok.

Dalam kegiatan tersebut, rencananya mantan Rais Aam PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama), Kiai Ma'ruf Amin akan turut hadir pada acara tersebut.

"Tentunya saya sangat senang dan bangga dapat hadir di tengah-tengah Keluarga Besar Turunan Pangeran Leluhur Sumedang dan juga para tokoh sunda," kata Kiai Ma’ruf Amin, melalui keterangan yang diterima redaksi.

Ia mengatakan, momen ini sangat penting, apalagi dirinya merupakan salah satu putera Pasundan yang juga pernah didaulat sebagai tokoh sesepuh Pasundan.

Lebih lanjut Kiai Ma’ruf mengungkapkan rasa bangga sebagai orang pasundan dapat berkiprah di kancah nasional, serta mengajak masyarakat untuk bersatu membangun bangsa kedepan.

"Kehadiran saya dalam kancah nasional merupakan bentuk penghormatan Pak Jokowi terhadap masyarakat Jawa Barat yang telah memilih saya sebagai calon wakil presiden, sehingga melalui momen yang baik ini sudah seharusnya seluruh masyarakat Jawa Barat kembali bersatu melanjutkan pembanguan nasional," katanya.

Sementara sesepuh Jawa Barat Mochamad Iriawan mengungkapkan kebanggaan akan terwakilinya urang sunda di kancah nasional.

"Merupakan suatu kebanggaan bagi Orang Sunda, karena beliau terpilih sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia. Sudah lama tidak ada Putra Sunda yang manggung di kancah nasional, terakhir Wapres putra sunda adalah Pak Umar Wirahadikusumah (Wapres RI Ke – 4)," katanya di Bandung, Selasa (11/6/2019).

Mantan Kapolda Jabar ini mengatakan hal ini sudah menjadi takdir dan rencana Allah SWT bahwa bangsa Indonesia memiliki figur yang lengkap, selain sebagai tokoh sunda, juga tokoh agama, dan sekarang menjadi Wapres RI.

"Kami semua mendoakan agar Kiai bisa menjalankan amanah sebagai Wapres RI dengan tuntas dan sukses," katanya pria yang akran disapa Iwan Bule ini.

Untuk itu Ia menggagas acara Halal Bihalal ini sebagai momentum penting untuk seluruh masyarakat Jabar kembali bersatu, terlebih dengan kehadiran Kiai Ma'ruf Amin.

"Tentunya tidak ada salahnya kalau kita sebagai anak-anak Kiai memiliki harapan yang lebih besar kedepannya demi kesejahteraan tidak hanya masyarakat Pasundan tapi juga seluruh rakyat Indonesia, sehingga sangat tepat melalui semangat hari raya menjadi momen kebersamaan seluruh komponen masyarakat Jawa untuk kembali bersatu,” paparnya.

Acara yang diprediksi akan dihadiri lebih dari 2.000 orang ini mengusung tema “Dagiang Kawargian”. Selain penampilan berbagai seni tradisional juga akan ada penayangan video yang mengusung kearifan lokal serta menggambarkan perjuangan dan keberhasilan masyarakat Pasundan dari waktu ke waktu. (nie/*)

Tags:

Berita Terkait

Related News